Integrating mind mapping software utilization in the process writing approach to improve the writing skill of the eleventh grades of SMAN I Ponorogo / Supiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrating mind mapping software utilization in the process writing approach to improve the writing skill of the eleventh grades of SMAN I Ponorogo / Supiyan

Supiyan (2013) Integrating mind mapping software utilization in the process writing approach to improve the writing skill of the eleventh grades of SMAN I Ponorogo / Supiyan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mind mapping software process writing approach ketrampilan menulis Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa kelas XI SMAN I Ponorogo dalam pelajaran menulis utamanya dalam hal memunculkan dan mengorganisir ide. Peneliti kemudian mengusulkan penelitian tentang pengintegrasian penggunaan mind mapping software (Minjet MindManager 9) dalam process writing approach sebagai solusinya. Hasil pelaksanaan penelitian pada siklus 1 telah memenuhi criteria ketuntasan namun peneliti memutuskan untuk melakukan siklus 2 dengan tujuan untuk memberi kesempatan siswa untuk lebih berlatih. Dalam mengimplementasikan penelitiannya peneliti mengadaptasi process writing approach yang terdiri dari langkah-langkah (prewriting drafting revising editing dan publishing) sedangkan penggunaan mind mapping software dilakukan pada tahapan prewriting dengan prosedur (1) mengaktifkan aplikasi (2) menulis judul pada menu central topic (3) mengembangkan topik menjadi subtopik dengan mengklik menu subtopic sesuai dengan kategorisasinya (4) mengembangkan subtopik menjadi subsubtopik dengan mengklik menu subtopic . Tingkat partisipasi siswa sangat baik (96 25%) pada siklus 1 dan juga sangat baik (97 5) pada siklus 2 sedangkan respon siswa baik (626) pada siklus 1 dan sangat baik (715) pada siklus 2. Nilai rata-rata siswa yang pada tahapan pra penelitian 77 06 meningkat menjadi 81 94 di siklus 1 dan 83 20 di siklus 2. Nilai t-test menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dengan ditandai nilai 0 000 pada perbandingan nilai pra penelitian dan siklus 1 serta antara siklus 1 dan 2. Prosentase siswa yang mendapatkan nilai lebih baik adalah 94% pada siklus 1 dan 74% pada siklus 2. Perbaikan nilai tersebut lebih banyak dipengaruhi dari aspek isi dan organisai essai. Peneliti sangat menyarankan guru menulis yang mempunyai permasalahan yang serupa untuk mengintegrasikan penggunaan mind mapping software dalam process writing approach guna meningkatkan ketrampilan menulis siswa utamanya dalam memunculkan dan mengorganisir ide. Peneliti juga menyarankan kepada siswa untuk menggunakan mind mapping software dalam proses menulis mereka utamanya pada tahapan prewriting. Disamping itu siswa juga bisa menggunakannya untuk merencanakan banyak hal termasuk pada pelajaran yang lain. Mereka bisa menggunakannya untuk merangkum pelajaran mereka untuk mengetahui peta yang jelas tentang pelajaran sekaligus untuk meningkatkan memori. Dalam penelitian ini masalah yang secara konsisten muncul adalah language use dan mechanics sehingga peneliti menyarakan peneliti selanjutnya untuk menemukan prosedur penggunaan mind mapping software yang mampu menyelesaikan dua masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58647

Actions (login required)

View Item View Item