Using Student Teams-Achievement5 Divisions (STAD) strategy to improve the students' speaking skill at SMK Negeri 1 Madiun / Rumiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Using Student Teams-Achievement5 Divisions (STAD) strategy to improve the students' speaking skill at SMK Negeri 1 Madiun / Rumiarsih

Rumiarsih (2013) Using Student Teams-Achievement5 Divisions (STAD) strategy to improve the students' speaking skill at SMK Negeri 1 Madiun / Rumiarsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan berbicara Strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan bagaimana strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara di SMK Negeri 1 Madiun. Peningkatan diindikasikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari nilai berbicara siswa. Nilai rata-rata dari nilai berbicara siswa harus sama atau lebih dari 75 sebagai KKM. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menerapkannya pada pengajaran berbicara pada kelas XII TKR 2 di SMK Negeri 1 Madiun. Kelas tersebut meliputi 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalan dua siklus. Tiap-tiap siklus pada penelitian ini meliputi 2 pertemuan untuk penerapan strategy dan satu pertemuan untuk test berbicara. Data dari penelitian ini diperoleh melalui test berbicara ceklis observasi dan catatan lapangan dan penerapan strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada proses belajar mengajar. Penemuan pada penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi STAD berhasil meningkatkan kemampuan siswa berbicara di SMK negeri 1 Madiun. Strategi STAD yang diterapkan pada penelitian ini meliputi lima tahapan yaitu (1)Pembentukan tim (2) Presentasi kelas (3)Kuis (4)Peningkatan nilai individu and (5) Penentuan tim. Guru membentuk kelompok-kelompok siswa pada tahapan tim kemudian menyampaikan materi pada presentasi kelas. Siswa bekerja bersama dalam kelompok untuk mengerjakan kuis sebelum menanpilkan pembicaraan mereka untuk mendapatkan nilai individu. Guru memberikan penghargaan bagi tim yang menang pada tahapan terakhir yaitu penentuan tim. Aktifitas-aktifitas pada kelima tahapan tersebut meningkatkan baik pada nilai siswa dan juga partisipasi siswa selama pengajaran berbicara. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa . nilai rata-rata dari nilai berbicara siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata dari nilai berbicara siswa adalah 72.5 pada penelitian awal meningkat ke 73.82 pada siklus 1 dan akhirnya pada siklus 2 meningkat menjadi 76.76 dan memenuhi kriteria keberhasilan. Karena itu peneliti memutuskan untuk tidak melanjutkan tindakan lain. Berdasarkan hasil dari temuan-temuan pada penelitian disarankan bahwa untuk perbaikan pengajaran bahasa Inggris guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan strategi STAD dalam mengajarkan berbicara dan mengembangkan prosedur mereka sendiri dalam menerapkan strategi STAD. Guru juga direkomendasikan untuk memberikan kegiatan siswa yang dapan meningkatkan kemampuan siswa berbicara. Disamping itu bagi para peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang sama dan dengan topik yang sama diharapkan untuk melakukan beberapa tahapan pada persiapan mereka menggunakan kegiatan-kegiatan yang bervariasi dan presentasi kelas yang menarik untuk keberhasilan penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58645

Actions (login required)

View Item View Item