Using task-based language teaching to improve the twelfth graders' reading ability at SMAN 1 Srengat-Blitar / Suprayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Using task-based language teaching to improve the twelfth graders' reading ability at SMAN 1 Srengat-Blitar / Suprayoga

Suprayoga (2013) Using task-based language teaching to improve the twelfth graders' reading ability at SMAN 1 Srengat-Blitar / Suprayoga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci meningkatkan kemampuan membaca TBLT Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan penelitian Bagaimana Task-Based Language Teaching mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa klas XII di SMAN 1 Srengat-Blitar . Strategi ini dipilih karena keunggulannya mendorong siswa untuk lebih aktif didalam proses belajar mengajar dan membantu siswa untuk memahami isi bacaan dan bentuk bahasa. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui empat tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari empat pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dalam dua pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa klas XII SMAN 1 Srengat-Blitar tahun pelajaran 2012-2013 yang terdiri dari 30 siswa. Dalam penelitian ini siswa diberi tugas-tugas yang berhubungan dengan bacaan. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa reading test observation checklist dan field notes. Langkah-langkah dari Task-Based Language Teaching adalah sebagai berikut pertama brainstorming kedua guru menyuruh siswa mendata kata-kata yang berhubungan dengan topik bacaan ketiga siswa disuruh mengidentifikasi topik bacaan informasi tersurat dan tersirat informasi rinci dan makna kata keempat siswa mencatat hasil temuannya kelima siswa memaparkan temuannya keenam siswa yang lain memberikan umpan balik ketujuh siswa mendata kalimat tertentu yang digunakan didalam bacaan kedelapan guru memandu siswa menentukan pola kalimat yang mereka temukan kesembilan siswa menyusun kalimat menggunakan kata-kata yang tersedia kesepuluh siswa mempresentasikan pekerjaannya kesebelas guru memberikan umpan balik Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Task-Based Language Teaching mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa untuk jenis bacaan explanation. Peningkatan kemampuan membaca tersebut ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai yang kenaikannya mencapai10 poin atau lebih pada siklus 2. Pada siklus 1 14 siswa mendapat nilai yang kenaikannya mencapai10 poin atau lebih dibandingkan test pendahuluan. Pada siklus kedua 27 siswa mendapat nilai yang kenaikannya mencapai10 poin atau lebih dibandingkan test pendahuluan. Sementara itu kriteria keberhasilan menyatakan bahwa penelitian dinyatakan berhasil apabila minimal 60% siswa mendapat nilai 10 poin diatas nilai tes pendahuluan. Ini artinya pada siklus 2 penelitian ini berhasil mencapai kriteria keberhasilan. Penelitian telah dilaksanakan dengan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran untuk guru bahasa Inggris. Pertama guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan Task-Based Language Teaching didalam mengajarkan bacaan. Kedua didalam menggunakan Task-Based Language Teaching guru bahasa Inggris harus memperhatikan bagaimana menyusun rencana pembelajaran yang sesuai memilih latihan membaca yang sesuai mempresentasikan latihan memberikan umpan balik dan memberikan penilaian. Ketiga guru bahasa Inggris harus mempertimbangkan membaca sebagai proses mencapai ketrampilan memahami text tulis. Untuk mencegah siswa patah semangat guru perlu memberikan pancingan atau panduan untuk menemukan jawaban latihan. Bagi para peneliti dianjurkan untuk melakukan penelitian tindakan klas pengajaran membaca pada klas yang berbeda misalnya klas sepuluh atau sebelas. Selanjutnya para peneliti dianjurkan melakukan penelitian tindakan klas untuk jenis bacaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58643

Actions (login required)

View Item View Item