The effectiveness of debate in the speaking class of third semester students of English Letters Department at IAIN Sunan Ampel Surabaya / Fikri Yanda - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of debate in the speaking class of third semester students of English Letters Department at IAIN Sunan Ampel Surabaya / Fikri Yanda

Yanda, Fikri (2013) The effectiveness of debate in the speaking class of third semester students of English Letters Department at IAIN Sunan Ampel Surabaya / Fikri Yanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci debat presentasi kemampuan berbicara Bahasa Inggris Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas debat pada kelas speaking Jurusan Sastra Inggris IAIN Sunan Ampel Surabaya pada mahasiswa semester tiga untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka. Debat diharapkan menjadi metode pembelajaran speaking alternatif selain presentasi. Rumusan masalah penelitian adalah Apakah mahasiswa yang diajari dengan metode debat berbicara Bahasa Inggris lebih baik daripada mereka yang diajari dengan metode presentasi Desain penelitian adalah quasi-eksperimen dengan grup pengendali beraturan. Subjek penelitian adalah 36 mahasiswa semester tiga. Mereka dibagi menjadi dua kelompok kelompok eksperimen dan pengendali. Kelompok eksperimen sebanyak 19 mahasiswa kelompok pengendali 17 mahasiswa. Data penelitian diambil dari nilai pra-tes dan pasca-tes mahasiswa. Pra-tes diadakan pada tanggal 12 Oktober 2012. Pasca-tes pada 14 Desember 2012. Pembelajaran menggunakan debat (kelompok eksperimen) dan presentasi (kelompok pengendali) diadakan selama delapan pertemuan atau dua bulan mulai 19 Desember 2012 hingga 7 Desember 2012. Untuk tujuan validitas data aktifitas pembelajaran direkam dalam bentuk video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang diajari dengan metode debat memiliki kemampuan berbicara lebih baik daripada mereka yang menggunakan presentasi. Dalam kata lain metode debat lebih efektif daripada presentasi. Tingkat signifikansi ( 8734 )signifikan pada p (0.006) .05 dan thitung (2 901) ttabel (2 032). Rata-rata Postest siswa kelas eksperimen (82.8772) lebih tinggi dari pada rata-rata Postest siswa kelas kontrol (77.8824). Dengan begitu hasil penelitian member bukti bagi para pengajar bahwa metode debat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini menganjurkan para mahasiswa program Bahasa Inggris untuk menggunakan metode debat demi meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka. Semakin mereka berdebat (dalam Bahasa Inggris) semakin lancar mereka berbicara. Bagi para pengajar yang hendak menggunakan metode debat di dalam kelas speaking mereka diharapkan mengetahui konsep debat yang harus memiliki dua sisi yang setuju dan tidak setuju terhadap topik yang diperdebatkan. Debat dalam konteks ini bukan untuk mencari siapa yang paling benar tapi siapa yang memberikan argument paling rasional serta menyuguhkan bukti kuat untuk mendukung argumen-argumen yang disampaikan. Bagi para peneliti di masa yang datang mereka bisa menggunakan metode dan instrumen yang berbeda untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif tentang objek penelitian yang sama. Mereka juga bisa menggunakan hasil penelitian ini sebagai titik awal penelitian mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58642

Actions (login required)

View Item View Item