Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran think pair share pada kelas III SDN Blimbing 01 Kabupaten Tulungagung / Any Sa'ada Kamila - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran think pair share pada kelas III SDN Blimbing 01 Kabupaten Tulungagung / Any Sa'ada Kamila

Kamila, Any Sa'ada (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran think pair share pada kelas III SDN Blimbing 01 Kabupaten Tulungagung / Any Sa'ada Kamila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kamila Any Sa ada. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Kelas III SDN Blimbing 01 Kabupaten Tulungagung Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (01) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd (2) Dra. Widayati M.H. Kata kunci Think Pair Share IPS Hasil Belajar Sekolah Dasar 12288 12288 12288 12288 Observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Blimbing 01 Kabupaten Tulungagung mata pelajaran IPS dengan materi semangat kerja ditemukan permasalahan berikut (1) siswa cenderung pasif yang terlihat dari 22 siswa hanya 7 siswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar sedangkan 15 siswa terlihat bergurau dan menyandarkan kepala di bangku (2) hasil belajar masih rendah dengan 4 dari 22 siswa (18 18%) tuntas dan 18 dari 22 (81 81%) belum tuntas dengan nilai di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 70 (3)siswa kurang menghargai pendapat dari teman yang lain terlihat ketika ada teman yang menyampaikan jawaban banyak siswa yang bergurau dengan teman yang lain (4) siswa masih malu-malu dan menggunakan suara yang pelan ketika disuruh guru untuk menjawab pertanyaan (5) tidak ada pembelajaran secara kelompok (6) guru menggunakan model pembelajaran konvensional menerangkan materi kemudian mengerjakan soal. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah aktivitas siswa kelas III selama pembelajaran IPS dengan menggunakan model think pair share (2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas III setelah pembelajaran IPS dengan menggunakan model think pair share. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II . Siklus II pada tahap berfikir sendiri (think) secara keseluruhan siswa sudah aktif berfikir sendiri pada tahap berbagi jawaban dengan kelompok (Pair) secara keseluruhan siswa sudah aktif berbagi jawaban dengan kelompok yang telah guru bentuk pada tahap mempresentasikan hasil diskusi (Share) siswa secara keseluruhan berani menyampaikan di depan kelas sebagian besar siswa berani bertanya dan mengomentari namun masih ada 3 siswa yang tidak aktif bertanya dan mengomentari. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat rata-rata 61 dan meningkat dengan rata-rata 82 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 64 72 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78 54. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa penggunaan model think pair share dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas siswa saat proses think pair dan share serta hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru hendaknya menggunakan model think pair share karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item