Using guessing as a word-solving strategy in handling the unknown words to improve students' vocabulary interpretation of a text / Sofia Maurisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Using guessing as a word-solving strategy in handling the unknown words to improve students' vocabulary interpretation of a text / Sofia Maurisa

Maurisa, Sofia (2013) Using guessing as a word-solving strategy in handling the unknown words to improve students' vocabulary interpretation of a text / Sofia Maurisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kosa kata kata-kata tidak diketahui strategi menebak Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengimplementasikan strategi menebak guna mengatasi masalah interpretasi kosa kata siswa dalam mengiterpretasikan dan mengatasi kata-kata yang tidak diketahui untuk meningkatkan kemampuan keseluruhan siswa pada mata kuliah vocabulary. Strategi guessing menebak tersebut diimplementasikan dalam mata kuliah vocabulary bagi siswa semester pertama Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Mataram tahun ajaran 2010-2011 yang diikuti oleh 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam suatu siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Siklus tersebut diakhiri dengan 1 pertemuan untuk melakukan tes kota kata. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri atas catatan lapangan kuesioner dan sebuah tes kota kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur strategi menebak yang jelas dan mudah pengaplikasiannya untuk mengatasi kata-kata tidak diketahui dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam interpretasi kosa kata terhadap sebuah teks. Adapun langkah dalam menerapkan strategi ini adalah sebagai berikut menerangkan secara garis besar strategi menebak menerangkan dan memberi contoh petunjuk kontekstual dalam sebuah teks melakukan pencarian kata-kata yang tidak diketahui dengan mengunakan petunjuk kontekstual memberikan pertanyaan penjurus yang mengarah siswa secara bertahap dalam mencari dan menggunakan petunjuk kontekstual untuk menebak kata yang tidak diketahui mengidentifikasi dan terakhir memantau dan mengarahkan siswa untuk dapat mengikuti prosedur strategi menebak ini. Peningkatan ini dilihat dari pencapaian nilai siswa dalam mata kuliah vocabulary I. Mengingat bahwa kriteria sukses dalam penelitian ini adalah ketika setiap siswa dapat mencapai nilai minimum 74. Hasil penelitian ini 55% atau 11 dari 20 siswa memperoleh nilai 74-82 dan 45% atau 9 siswa memperoleh nilai lebih dari 84. Tidak ada satupun dari mereka yang memperoleh nilai di bawah 74. Lebih lanjut hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menebak sebagai strategi pemecah masalah kata telah berhasil dalam menarik pandangan dan minat siswa terhadap proses pelaksanaannya. 90% atau 18 siswa setuju bahwa menebak sebagai strategi pemecah masalah kata adalah suatu strategi yang bermanfaat dan mudah diaplikasi. Lebih lanjut mereka mengakui bahwa strategi ini nyaman digunakan dan mereka mempertimbangkan untuk menggunakan strategi ini pada kegiatan pembelajaran kota kata selanjutnya. Maka dari itu disarankan kepada pengajar bahasa Inggris khususnya mata kuliah vocabulary untuk menggunakan strategi menebak ini untuk meningkatkan interpretasi kosa kata siswa terhadap sebuah teks. Sebagai penutup kepada para peneliti berikutnya hasil temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk tambahan data dalam melakukan penelitian lanjut sehubungan dengan penggunaan menebak sebagai strategi pemecah masalah kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58639

Actions (login required)

View Item View Item