Techniques in teaching English to young learners in Malang / Shirly Rizki Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Techniques in teaching English to young learners in Malang / Shirly Rizki Kusumaningrum

Kusumaningrum, Shirly Rizki (2013) Techniques in teaching English to young learners in Malang / Shirly Rizki Kusumaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci teknik mengajar pebelajar muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik mengajar yang diimplementasikan oleh guru-guru Bahasa Inggris di kelas 4 5 dan 6 pada beberapa sekolah dasar di Malang. Karena penelitian ini bertujuan untuk menemukan beberapa teknik mengajar make peneliti memilih sekolah dalam kategori baik dimana dalam penelitian ini sekolah dalam kategori baik tersebut merupakan rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Hal tersebut dilakukan dengan harapan bahwa teknik-teknik mengajar yang ditemukan dalam penelitian ini dapat diimplemetasikan juga oleh guru-guru Bahasa Inggris yang mengajar di Sekolah Dasar di Malang lebih khusus bagi mereka yang mengajar di kelas 4 5 dan 6 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk mendeskripsikan secara langsung fenomena yang ada yaitu teknik-teknik mengajar Bahasa Inggris yang diimplementasikan oleh guru-guru Bahasa Inggris pada kelas 4 5 dan 6 di beberapa sekolah dasar di Malang. Secara khusus desain penelitian yang digunakan adalah multi-studi kasus karena peneliti ingin mendeskripsikan lebih dalam tentang teknik mengajar yang digunakan oleh tujuh guru-guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas 4 5 dan 6 di tiga sekolah yang digunakan sebagai tempat penelitian. Karena penelitian ini bersifat kualitatif maka peneliti merupakan instrumen kunci dimana penelitilah yang menginterpretasi atau memberikan makna pada data yang dikumpulkan. Karena penelitian ini merupakan multi-studi kasus peneliti menggunakan tiga macam instrumen dalam proses pengumpulan data yaitu observasi foto dan rekaman video. Dalam penelitian ini terdapat 30 teknik mengajar yang telah diimplementasikan oleh beberapa guru Bahasa Inggris sebagai subjek dari penelitian ini mulai tanggal 17 Juli sampai dengan tanggal 9 Oktober 2012. Ketiga puluh teknik tersebut kemudian di kategorikan ke dalam 4 metode (yaitu Grammar Translation Method Direct Method Audio-Lingual Method dan Cognitive Method) dan satu pendekatan (yaitu Communicative Language Teaching) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan teknik-teknik yang diimplementasikan oleh beberapa guru tersebut memiliki karakter-karakter yang sama dengan beberapa karakter yang terdapat pada 4 metode dan 1 pendekatan tersebut. Secara lebih khusus terdapat 5 teknik yang telah diimplementasikan oleh guru termasuk dalam kategori Grammar Translation Method 2 teknik dalam kategori Direct Method 9 teknik dalam kategori Audio-Lingual Method 5 teknik dalam kategori Cognitive Method sedangkan 9 teknik mengajar yang lain termasuk dalam kategori Communicative Language Teaching approach. Selain itu ketiga puluh teknik mengajar tersebut telah memenuhi beberapa kategori dalam pengajaran Bahasa Inggris terhadap pebelajar muda yaitu intellectual development attention span sensory input affective filter dan authentic meaningful language. Berkaitan dengan temuan penelitian yang telah dikemukakan di atas maka beberapa rekomendasi ditujukan kepada guru-guru Bahasa Inggris serta peneliti-peneliti yang akan datang. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada guru-guru Bahasa Inggris khususnya bagi mereka yang mengajar di kelas 4 5 dan 6 sekolah dasar di Malang. Bagi mereka yang telah mengimplementasikan beberapa teknik mengajar mereka mungkin menemukan sesuatu yang baru selain daripada memperkaya pengetahuan mereka akan beberapa teknik mengajar yang lain. Selain itu bagi mereka yang masih setia menggunakan teknik-teknik mengajar yang konvensional mereka dapat memperoleh wawasan mengenai berbagai macam teknik mengajar yang dapat membuat mereka semakin kreatif. Bagi para peneliti yang akan datang temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa wawasan mengenai berbagai macam teknik mengajar yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran Bahasa. Selain itu mereka dapat melakukan beberapa penelitian serupa dengan membandingkan teknik-teknik mengajar yang diimplementasikan di sekolah dasar berstandar internasional dengan teknik-teknik mengajar yang diimplementasikan di sekolah dasar pada umumnya. Mereka juga dapat membandingkan teknik-teknik mengajar yang diimplementasikan oleh guru-guru yang memiliki latar belakang Bahasa Inggris dengan teknik-teknik yang diimplementasikan oleh guru-guru yang sama sekali tidak memiliki latar belakang Bahasa Inggris. Selanjutnya mereka juga dapat melakukan penelitian korelational dengan membandingkan antara teknik mengajar dengan pengalaman guru mengajar. Melakukan studi experimental untuk melihat keefektifan teknik-teknik yang telah diimplementasikan guru dalam mengajar Bahasa Inggris juga sangat direkomendasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58638

Actions (login required)

View Item View Item