Using the shared book technique to improve the fifth graders' mastery of vocabulary of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar / Ratna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the shared book technique to improve the fifth graders' mastery of vocabulary of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar / Ratna Wulandari

Wulandari, Ratna (2013) Using the shared book technique to improve the fifth graders' mastery of vocabulary of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar / Ratna Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci improving mastery of vocabulary the shared book technique Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan tujuan meningkatkan kosa kata bagi peserta didik di kelas lima pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar melalui teknik the shared book. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VB yang terdiri dari 25 siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar. Teknik the shared book dipilih karena menyediakan aktivitas pembelajaran kosa kata yang menyenangkan melalui membaca cerita bersama-sama dan individu secara berulang. Peneliti dan salah satu rekan guru yang bertindak sebagai kolaborator melakukan observasi berkaitan dengan data pendukung di antaranya mempelajari dokumen tentang hasil tes siswa pada semester satu dan membagikan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses bersiklus dimulai dari tahap perencanaan penerapan pengumpulan data dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti bersama kolaborator mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran instruksional materi dan media perangkat penelitian untuk observasi data pada tahap pelaksanaan termasuk kriteria sukses. Di dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti bertindak sebagai guru sedangkan kolaborator bertindak sebagai observer. Teknik pembelajaran diterapkan melalui tahap pre-reading whilst reading dan post reading. Data yang diperoleh selama pembelajaran akan dianalisa di dalam tahap refleksi untuk menentukan diperlukannya siklus berikutnya atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 terdapat beberapa kelemahan diantaranya guru sering menggunakan bahasa Inggris tanpa penjelasan lebih detil dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi bingung serta cenderung ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan. Pada Siklus 1 73% (18 dari 25) siswa terlibat aktif di dalam pembelajaran tetapi hanya 48% (12 dari 25) siswa yang mencapai kriteria sukses untuk tes kosa kata. Sehingga peneliti dan kolaborator melaksanakan siklus 2 dengan beberapa revisi di antaranya memotivasi siswa untuk aktif di dalam pembelajaran terutama di dalam menjawab pertanyaan. Di dalam pelaksanaan Siklus 2 79% (19 dari 25) siswa terlibat aktif di dalam pembelajaran serta 80% (20 dari 25) siswa mencapai peningkatan pada pelaksanaan tes kosa kata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa the shared book dapat meningkatkan kemampuan kosa kata pada siswa kelas lima di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Blitar. Siswa dapat meningkatkan kosa kata dengan membaca cerita berbahasa Inggris bersama-sama di dalam grup ataupun secara individu yang dilaksanakan dalam aktivitas yang menyenangkan serta terdapat intensitas sharing antar siswa dan siswa-guru sehingga siswa tidak mendapatkan kesulitan di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58635

Actions (login required)

View Item View Item