Implementing blended learning strategy to increase students' achievement on the English tenses at Brawijaya University / Aulia Luqman Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing blended learning strategy to increase students' achievement on the English tenses at Brawijaya University / Aulia Luqman Aziz

Aziz, Aulia Luqman (2012) Implementing blended learning strategy to increase students' achievement on the English tenses at Brawijaya University / Aulia Luqman Aziz. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi blended learning Facebook Group the English tenses meningkatkan Strategi blended learning adalah suatu strategi pengimplementasian model blended learning dimana pembelajaran tidak hanya mengandalkan pertemuan tatap muka di dalam kelas tapi juga melibatkan penggunaan jejaring sosial berbasis internet khususnya Facebook Group. Strategi ini dipercaya dapat mengatasi masalah yang muncul dari Kelas C mata kuliah Sentence Structure di Program Studi Sastra Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya yakni terbatasnya alokasi waktu pembelajaran untuk mencakup semua dimensi bahasa yang diusulkan oleh Larsen-Freeman serta pemahaman mahasiswa yang rendah dalam pembahasan topik present tenses. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi strategi tersebut mampu mengatasi permasalahan tersebut di atas. Studi ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yakni tahap perencanaan (planning) implementasi (implementing) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam tahap perencanaan peneliti menyiapkan Facebook Group yang akan digunakan di tahap implementasi menyusun rencana pembelajaran dan menetapkan kriteria keberhasilan studi. Setelah tahap implementasi data dikumpulkan melalui tes Click Click Click dan kuesioner keduanya daring. Setelah itu data yang terkumpul dianalisa pada tahap refleksi. Data yang terkumpul menunjukkan bahwa 100% mahasiswa yang tergabung dalam Kelas C mampu memenuhi kriteria keberhasilan tes Click Click Click yang telah ditetapkan sebelumnya yakni mendapatkan nilai lebih dari 60 pada tes tersebut. Sedangkan dari hasil kuesioner ditemukan bahwa lebih dari 75% mahasiswa menyatakan kesukaannya pada pengimplementasian strategi blended learning ini di dalam kelas mereka. Dari hasil pengumpulan data tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dapat beradaptasi dan menerima pengimplementasian strategi tersebut dengan baik sebab mereka memiliki kesempatan untuk belajar secara intensif tanpa adanya batasan waktu. Jika di dalam kelas mahasiswa lebih banyak menerima penjelasan seputar materi topik yang sedang dibahas mereka dapat mengajukan berbagai pertanyaan secara leluasa di saat diskusi melalui Facebook Group dimulai melalui forum diskusi itulah mahasiswa dapat bertanya tanpa perlu merasa malu karena khawatir pertanyaan yang ia ajukan sudah diketahui jawabannya oleh temannya satu kelas. Melalui forum ini pula mahasiswa diarahkan untuk masuk ke dalam link-link situs daring latihan grammar yang disediakan oleh peneliti. Selain itu dalam rangka mencakup dimensi pragmatis bahasa (dari ketiga dimensi bahasa yang diusulkan oleh Larsen- Freeman) mahasiswa didorong dan dirangsang untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan yang sesungguhnya di Facebook Group. Melalui media itulah mahasiswa dapat saling berbagi tentang ketertarikannya pada sesuatu atau pengalaman-pengalaman pribadi sekaligus menerima komentar atau umpan balik berkenaan dengan tata bahasa dari teman sekelas atau dari peneliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58634

Actions (login required)

View Item View Item