Prastiwi, Chyntia Heru Woro (2012) The quality of textbook "Interlanguage: English for Senior High School Students XI" / Chyntia Heru Woro Prastiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Bahasa Inggris Buku Teks Evaluasi SMU Penelitian ini brtujuan untuk mereview bagaimana buku teks Interlanguage English for Senior High School Students XI memenuhi kriteria sebuah buku teks komunikatif yang baik. Tujuan ini dipecah menjadi 8 kategori relevansi terhadap Standar Isi 2006 konten bahasa dan skill aspek komunikatif authentisitas kualitas materi praktis urutan-pengulangan-distribusi materi teknikalitas dan kesesuaiannya terhadap ketertarikan dan kebutuhan siswa. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif evaluatif atau analisis isi. Lembar analisa dan kuisioner siswa merupakan instrumen utama yang digunakan. Lembar analisa mengacu pada kriteria pedoman yang diambil dari kriteria BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang dilengkapi dengan kriteria yang bersumber dari Ur (1999) Cunningsworth (1995) Nunan (2003) Reiss (2005) dan Harmer (2007). Lembar analisa digunakan untuk menilai kualitas buku. Lembar analisa ini diisi oleh 3 evaluator yaitu peneliti sebagai evaluator utama dan 2 guru dari Madrasah Aliyah swasta yang berfungsi sebagai evaluator sejawat. Kuisioner digunakan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap buku teks. Pemenuhan kriteria diambil dari Sukriawati (2008) dan Fathurrahman (2004) yang digolongkan menjadi sangat baik (85%-100%) baik (65%-84%) cukup (55%-64%) buruk (40%-54%) dan sangat buruk (0%-39%). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa relefansi terhadap Standar Isi 2006 adalah baik isi bahasa dan skill sangat baik aspek komunikatif baik authentisitas sangat kurang kualitas materi praktis sangat baik urutan-pengulangan-distribusi materi-di cukup teknikalitas cukup dan kesesuaian terhadap siswa dikategorikan baik karena mengakomodasi ketertarikan dan kebutuhan siswa. Buku Interlanguage bukan buku yang baik dan tidak direkomendasikan kepada pengguna yang hanya menggunakan satu buku karena buku ini mengabaikan kriteria utama yang sangat penting yaitu relefansi terhadap kurikulum dan buku ini tidak memenuhi semua kriteria yang dievalusi. Ada beberapa saran yang diajukan. Pertama kepada guru yang mengacu hanya pada satu buku mereka sebaiknya mengabaikan buku ini. Sedangkan kepada guru yang masih ingin tetap menggunakan buku ini sebagai alternatif mereka sebaiknya melakukan perubahan dengan cara menambah menulis kembali menyusun ulang atau mengurangi materi dan tugas. Kedua kepada penulis buku hendaknya melengkapi materi yang kurang menyediakan CD/kaset listening kegiatan yang menarik dialog dan teks yang otentik dan menambah aktifitas yang kreatif. Selanjutnya kepada BSNP dan pemerintah hendaknya menyusun kriteria penilaian yang lebih rinci serta lebih transparan dalam menyajikan hasil penilaiannya.Terakhir kepada peneliti yang fokus pada evaluasi buku mereka dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu rujukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |