Gender representation in an english textbook for Junior High Students / Ely Pratiwi

Pratiwi, Ely (2012) Gender representation in an english textbook for Junior High Students / Ely Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: representasi jender, buku teks bahasa inggris, sekolah menengah pertama Buku-buku pembelajaran bahasa Inggris dianggap mengandung ketidaksetaraan jender dalam teks maupun ilustrasi. Fenomena ini dianggap memberi dampak negatif kepada siswa karena para siswa yang menggunakan buku ÔÇôbuku tersebut akan secara tidak sadar menyerap konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan representasi jender dan stereotipi di dalam buku pembelajaran untuk sekolah menengah pertama. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisa (1) representasi jender dalam bentuk visibility/kemunculan karakter lakilaki dan perempuan di buku teks bahasa Inggris berjudul English in Focus, (2) apakah visibility/kemunculan karakter perempuan dan laki-laki mengandung stereotipi atau tidak. Karena penelitian ini menganalisa dokumen tertulis yaitu buku, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Untuk mengidentifikasi kemunculan jender, teks dan ilustrasi dalam buku akan diteliti. Di dalam teks, kemunculan jender dapat dianalisa melalui (a) karakter aktif yang mempunyai nama. (b) karakter tidak aktif yang mempunyai nama (yang disebutkan oleh karakter utama), dan (c) karakter tidak aktif yang tidak mempunyai nama. Yang dimaksud dengan ilustrasi dalam penelitian ini adalah foto atau gambar yang melukiskan perempuan atau laki-laki di dalam buku pembelajaran. Stereotipi dianalisa melalui empat kategori yaitu (a) ciri-ciri kepribadian, (b) peran dalam pekerjaan, (c) kegiatan, dan (d) peran di keluarga dan sekolah. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketimpangan jender antara laki-laki dan perempuan di dalam buku pembelajaran.Dari jumlah keseluruhan 243 kemunculan, 63.78% adalah laki-laki, sedangkan 36.21% adalah perempuan. Rasio perbandingan keseluruhan antara laki-laki dan perempuan di dalam buku adalah 1:1.7. Dari jumlah total kemunculan laki-laki dan perempuan, ditemukan bahwa 1/3 atau 32.51% memiliki stereotipi. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa terdapat ketimpangan jender dan stereotipi di dalam English in Focus. Untuk menghindari dampak negatif terhadap siswa dalam hal ketimpangan jender dan stereotipi, ada beberapa saran yang dikemukakan peneliti bagi para guru, penulis dan penerbit buku, dan peneliti selanjutnya. Bagi para guru, disarankan untuk dapat mengantisipasi secara positif bila menjumpai ketimpangan jender atau stereotipi selama proses pembelajaran. Lebih jauh lagi mereka diharapkan untuk bisa semakin selektif dalam memilih bukubuku pembelajaran untuk kegiatan di kelas. Bagi para penulis dan peneliti, disarankan bahwa mereka dapat lebih peduli dalam menampilkan representasi jender yang iii seimbang di dalam buku pembelajaran bahasa Inggris. Selanjutnya untuk para pemeriksa buku teks, mereka diharapkan untuk memasukkan isu keadilan jender sebagai salah satu kriteria yang digunakan untuk menentukan buku yang baik. Terakhir adalah untuk peneliti selanjutnya. Sebagai usaha untuk memperbaiki ketimpangan jender dalam pengajaran bahasa Inggris, diharapkan supaya para peneliti bisa mengadakan penelitian lebih banyak tentang jender yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58630

Actions (login required)

View Item View Item