Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembe3lajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Diyan Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembe3lajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Diyan Krisnawati

Krisnawati, Diyan (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembe3lajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar / Diyan Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krisnawati Diyan. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (II) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar IPS model pembelajaran TSTS sekolah dasar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa (1) guru mengajar tidak menggunakan RPP (2) proses pembelajaran masih berpusat pada guru karena guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (3) guru jarang menggunakan model maupun media pembelajaran dan (4) siswa cenderung pasif. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 19 siswa hanya 5 siswa saja yang nilainya di atas KKM yakni 70 dengan persentase KBK sebesar 26 32%. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui model pembelajaran TSTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapakan model pembelajaran TSTS dan (2) hasil belajar IPS melalui model pembelajaran TSTS pada siswa kelas III SDN Kolomayan 02 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapakan model pembelajaran TSTS pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas siswa yang meliputi keberanian keaktifan tanggungjawab kerjasama dan ketrampilan komunikasi. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 73 68% dan masuk kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 100% dan masuk kategori sangat baik. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan sebesar 54 dengan persentase 26 32% dan masuk kategori sangat kurang meningkat pada siklus I sebesar 81 dengan persentase 68 42% dan masuk kategori kurang meningkat lagi pada siklus II sebesar 92 dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dengan demikian disarankan hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran TSTS dalam pembelajaran IPS khususnya materi jenis-jenis pekerjaan karena dapat meningkatkan aktivitas siswa yang meliputi keberanian keaktifan tanggung jawab kerjasama dan ketrampilan komunikasi serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item