Muzdalifah, Vibriyanida (2012) Using integrated reading-writing technique to improve critical writing ability of English Department students at Wijaya Kusuma University of Surabaya / Vibriyanida Muzdalifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kemampuan menulis teknik integrasi membaca dan menulis. Berdasarkan penelitian awal telah ditemukan bahwa mahasiswa jurusan bahasa inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan ide dan informasi sebelum menulis. Sebagian besar mahasiswa menhabiskan waktu dalam kelas hanya untuk berfikir tentang apa yang akan ditulis ide/ informasi/ data pendukung tulisan mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana teknik integrasi membaca dan menulis mampu meningkatkan kemampuan kritis dari mahasiswa jurusan bahasa inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Teknik ini dipilih berdasarkan manfaatnya untuk membantu siswa menggabungkan antara apa yang sudah mereka tahu dengan apa yang baru saja mereka baca guna dijadikan sebuah tulisan. Mereka akan mampu menulis berdasarkan apa yang dimengerti dan membandingkannya dengan isi wacana yang lain yang mana akhirnya nanti dengan cara ini mereka mampu menigkatkan kemampuan menulis mereka. Untuk menjawab permasalahan yang ada penelitian tindakan kelas kolaborasi dirancang melalui empat langkah perencanaan impelementasi observasi and refleksi dengan peneliti sebagai pengajar dan kolaborator sebagai pengamat. Penelitian ini diimplementasikan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah mahasiswa bahasa inggris semester empat kelas menulis kritis di universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang terdiri dari 20 orang. Alat penilitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observation checklist field note dan writing test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan teknik integrasi membaca dan menulis telah sukses untuk meningkatkan kemampuan menulis kritis. Peningkatan bertahap dari nilai menulis dari tes awal sebelum action ke siklus 1 dan siklus 2. Di test awal sebelum action hanya 30% mahasiswa (6 orang) yang lulus tes menulis esei. (Lampiran 7.1). Sementara itu di siklus 1 terjadi peningkatan yang menunjukkan bahwa 50% dari jumlah mahasiswa (10 orang) telah mampu mencapai nilai minimal. Dan di tes akhir siklus 2 bahkan terdapat 65% dari mahasiswa (13 orang) berhasil mencapai nilai standar 60 sebagai nilai minimal dan lebih dari setengah persen jumlah siswa (11 students) mendapatkan tambahan 10 poin dari tes menulis sebelum penelitian (lampiran 7.2). Hal ini juga didukung dengan hasil observasi checklist yang juga menyatakan bahwa partisipasi aktif siswa telah meningkat dari 60% pada siklus 1 menjadi 70% pada siklus 2. Teknik integrated reading-writing technique efektif dalam mengajar menulis kritis dengan mengimplementasikan aktifitas berikut (1) meminta siswa untuk mengungkapkan ide pokok dari teks atau membuat ringkasan singkat (2) menanyakan pada siswa tentang infomasi spesifik guna memastikan bahwa siswa mengerti detil dari teks (3) meminta siswa untuk berpikir tentang tujuan penulisan teks berdasarkan ide utama yang ditemukan dan ditentukan dalam jenis teks (4) menganalisa kemampuan menulis dan struktur teks. Analyze the writing skill and the schematic structure of the text. Dan melalui diskusi siswa mampu menentukan fungsi dari setiap paragraph dan penggunaan kata-kata khusus untuk mendukung ide pokok. (5) memberikan feedback dan (6) meminta siswa menukiskan idenya dalam sebuah tulisan mereka sendiri. Dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa siswa telah mampu mengungkapkan alasan untuk mendukung opini sebagaimana sebuah bukti untuk menunjukkan posisi/ sikap dalam suatu masalah setelah mereka membaca beberapa bacaan dengan topik yang berhubungan dalam hal ini tentang isu keberadaan sekolah internasional di Indonesia. Akhirnya dengan dasar temuan yang ada peneliti mengharapakan peneliti yang lain untuk membuat penyempurnaan dalam penilitian yang sama utnuk di aplikasikan di bidang yang lain yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa inggris misalnya impelementasi teknik integrasi membaca dan menulis ini untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam genre teks yang lainnya selain argumentatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |