A proposed syllabus for english course (IPKU-1201) for students of mechanical engineering of Institut Saint & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta / Suprih Ambawani - Repositori Universitas Negeri Malang

A proposed syllabus for english course (IPKU-1201) for students of mechanical engineering of Institut Saint & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta / Suprih Ambawani

Ambawani, Suprih (2012) A proposed syllabus for english course (IPKU-1201) for students of mechanical engineering of Institut Saint & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta / Suprih Ambawani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang the State University of Malang. Pembimbing (1) Dr. Arwijati W. Murdibjono M.Pd. Dip. TESL (2) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata kunci silabus Jurusan Teknik Mesin Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan silabus bahasa Inggris bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin di Institut Sains Teknologi AKPRIND Yogyakarta karena silabus untuk pembelajaran bahasa Inggris (IPKU 1201) belum ada. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R D). Model pengembangannya mengadopsi model pengembangan pelajaran oleh Richard (2001) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) melakukan analisa kebutuhan (2) mengembangkan course rationale (3) menentukan entry and exit level (4) menentukan and mengurutkan isi (6) merencanakan isi (memilih tipe silabus) (7) merencanakan scope and sequence (8) menulis silabus mengajaran (9) evaluasi/revisi produk akhir yang meliputi validasi ahli terhadap rancangan silabus melakukan uji coba dengan membuat lesson plan (RPP) dan melakukan revisi. Analisa kebutuhan penelitian ini. dilaksanakan di Jurusan Teknik Mesin Institut Sains Teknologi AKPRIND Yogyakarta yang melibatkan mahasiswa semester 5 ketua jurusan tiga pengajar mata kuliah bidang studi dan juga dosen pengajar bahasa Inggris. Tahap ini dilaksanakan untuk memperoleh kebutuhan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Inggris dan dilakukan dengan cara membagikan angket dan wawancara. Hasil dari tahap ini digunakan untuk mengembangkan silabus. Karena produk ini diimplementasikan di jurusan Teknik Mesin silabus ini selain divalidasi oleh ahli dibidang pengembangan silabus juga divalidasi oleh pengajar bidang studi Teknik Mesin untuk mencocokkan kesesuaian topik dalam silabus dengan materi bidang studi untuk mendukung pemahaman mahasiswa. Revisi dilakukan berdasarkan koreksi saran dan kritik dari para ahli. Kemudian produk yang sudah direvisi akan diujicobakan kepada guru bahasa Inggris untuk membuat dua contoh lesson plan berdasarkan silabus tersebut. Produk dari penelitian ini adalah a topic based syllabus Bahasa Inggris untuk Jurusan Teknik Mesin yang dilengkapi dengan course outline dan dua rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai contoh. Silabus difokuskan pada ketrampilan membaca. Materi yang dibahas berkaitan dengan bidang studi mahasiswa Pertemuan efektif berlangsung dalam 12 minggu selama 100 menit. Format silabus terdiri dari standar kompetensi kompetensi dasar indikator materi kegiatan belajar mengajar test alokasi waktu dan sumber materi. Beberapa saran diajukan dalam menerapkan silabus ini antara lain 1) pengajar bahasa Inggris perlu bekerja sama dengan pengajar bidang studi untuk mendapatkan gambaran yang tepat tentang topic yang dibahas 2) diskusi/seminar yang dihadiri oleh pengajar bahasa inggris sangat diperlukan untuk mensosialisakan produk 3) evaluasi dan revisi terhadap silabus perlu terus dilakukan seiring dinamika kebutuhan belajar mahasiswa dan aktivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58611

Actions (login required)

View Item View Item