Lexical richness in teacher talk of a non native english teacher in the foreign language classroom / Pritomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Lexical richness in teacher talk of a non native english teacher in the foreign language classroom / Pritomo

Pritomo (2012) Lexical richness in teacher talk of a non native english teacher in the foreign language classroom / Pritomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Magister Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (II) Dr. Arwijati W. Murdibjono M.Pd Dip. TESL. Kata Kunci kekayaan kata bahasa guru guru bukan penutur asli bahasa inggris Penelitihan ini bertujuan untuk menguji kekayaan kata bahasa guru bukan penutur asli bahasa Inggris dalam bahasa lisannya saat mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Masalah-masalah yang diteliti adalah sebagai berikut jumlah token (semua kata dalam bahasa guru yang direkam) jumlah jenis kata (semua kata yang berbeda dalam bahasa guru yang direkam) perbandingan antara jenis kata dan token (TTR) dan frekwensi yang muncul untuk kata-kata yang berbeda. Penelitihan ini menggunakan rancangan penelitihan diskriptif yang bertujuan menggambarkan kekayaan kata bahasa lisan subyek ketika sedang mengajarkan bahasa Inggris kepada para siswanya. Lebih lanjut metode kualitatif dan kuantitatif juga digunakan. Metode kualitatif diterapkan dalam pemilihan subyek. Sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menghitung kekayaan kata bahasa lisan subyek. Penghitungan kekayaan kata dihitung secara otomatis dengan menggunakan AntWordProfiler 1200w sebuah program komputer yang digunakan untuk menghitung tokens (semua kata dalam bahasa guru yang direkam) types (semua kata yang berbeda dalam bahasa guru yang direkam) perbandingan antara kata yang berbeda dengan semua kata yang ada dalam transkrip rekaman (TTR) yang dipakai untuk mengukur kekayaan kata serta frekwensi yang muncul untuk kata-kata yang berbeda. Kata-kata yang diucapkan oleh subyek dalam percakapan dibandingkan dengan kata-kata dasar 1 Nation (1000 kata pertama yang sering muncul) kata-kata dasar dua Nation (1000 kata kedua yang sering muncul) kata-kata dasar tiga Nation (1000 kata ketiga yang sering muncul termasuk kata-kata yang dipakai dalam konteks akademik) dan di luar daftar kata (kata-kata diluar 3000 kata). Ketiga tingkatan kata tersebut sudah diintegrasikan dalam program. Prosedur pengumpulan data meliputi proses perekaman yang dilakukan empat kali proses merubah proses penulisan transkrip proses mengkategorikan proses analisa dan proses menafsirkan temuan. Triangulasi data juga dilakukan untuk membandingkan temuan antara bahasa lisan dengan bahasa tulis dari subyek penelitihan.. Temuan penelitihan ini disajikan sebagai berikut (1) guru mengucapkan paling banyak kata-kata yang dikategorikan pada kata dasar 1 (1000 kata pertama yang sering muncul) lebih sedikit kata-kata yang dikategorikan pada kata dasar 2 (1000 kata kedua yang sering muncul) dan paling sedikit kata-kata yang termasuk pada kata dasar 3 (1000 kata ketiga yang sering muncul). Sementara itu kata-kata yang dikategorikan di luar daftar kata (kata-kata di luar 3000 kata) selalu berubah-ubah karena munculnya bahasa ibu (2) dalam hal frekwensi kata subyek sering mengucapkan banyak kata-kata fungsi yang dikategorikan sebagai kata penentu kata ganti orang kata depan konjungsi kata kerja bantu dan partikel. Semua kata-kata fungsi tersebut muncul di kata dasar 1 (1000 kata pertama yang sering muncul). Sedangkan guru tidak sering memproduksi banyak kata isi yang dikategorikan baik di kata dasar 2 (1000 kata kedua yang sering muncul) dan kata dasar 3 (1000 kata ketiga yang sering muncul) (3) dari empat bahasa guru yang direkam kekayaan kata bahasa lisan guru rata-rata 28% dan dikategorikan sedang dan (4) kekayaan kata bahasa tulis guru sama dengan kekayaan kata bahasa lisan guru. Guru menulis paling banyak kata pada kata dasar 1 sedikit kata pada kata dasar 2 dan paling sedikit kata pada kata dasar 3. Kata-kata fungsi seperti kata penentu kata ganti orang kata depan konjungsi kata kerja bantu dan partikel sering ditulis tetapi tidak banyak kata isi ditulis pada kata dasar 2 dan 3. Berdasarkan temuan-temuan itu disarankan bahwa subyek perlu menjelajahi secara luas lebih banyak kata-kata yang dikategorikan pada 1000 kata kedua dan ketiga yang sering muncul dalam bahasa Inggris karena lebih beraneka macam kosa kata bisa mempertinggi bukan hanya kualitas bahasa lisan dan tulis namun juga rasio dari kata-kata yang berbeda dan semua kata-kata yang muncul sebagai suatu tanda kekayaan kata dan seorang guru bahasa Inggris yang ahli. Penjelajahan secara luas pada kedua kata dasar itu dapat dilakukan sebagai contoh dengan sering membuka Tes Uji Kosakata yang tersedia di banyak situs web gratis. Juga disarankan kepada guru tersebut untuk mengurangi munculnya bahasa ibu saat berbicara kepada para siswa di ruang kelas karena makin sering bahasa ibu diucapkan makin rendah kekayaan kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58610

Actions (login required)

View Item View Item