Penerapan model discovery learning pada pembelajaran organ tubuh manusia dan hewan kelas VA SDN Karantengah 1 Blitar / Mustika Perdana Putri

Putri, Mustika Perdana (2015) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran organ tubuh manusia dan hewan kelas VA SDN Karantengah 1 Blitar / Mustika Perdana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri, Mustika Perdana. 2015. Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas VA SDN Karangtengah 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Prodi S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Widayati, M.H, (II) Drs. Rochani, S.Pd. Kata Kunci: discovery learning, penerapan, pembelajaran     Discovery learning merupakan model belajar dengan cara menemukan. Tugas perkembangan siswa kelas V sudah mencapai tahap operasional konkrit, yang mana kegiatan pembelajaran dengan menemukan dapat mempermudah siswa dalam belajar. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai penerapan model discovery learning yang salah satunya pada subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V.     Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu RPP dengan model discovery learning, pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning, aktivitas siswa pada pembelajaran dengan model discovery learning, dan ketercapaian siswa dalam penilaian pembelajaran dengan model discovery learning.     Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan dalam bentuk deskripsi yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning pada pembelajaran tema 6 subtema 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi yang terdiri dari alat penilaian kemampuan guru 1 (apkg 1), alat penilaian kemampuan guru 2 (apkg 2), lembar observasi aktivitas siswa terkait sintak model discovery learning, lembar angket siswa, serta lembar wawancara. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data, tes identifikasi, skala guttman, daftar check list, dan persentase.     Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning didesain dengan sangat baik dengan hasil rata-rata 90% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning, dilaksanakan dengan baik sesuai dengan sintak model dengan hasil rata-rata 84% dengan kualifikasi baik. (3) Pembelajaran dengan model discovery learning mewujudkan kegiatan belajar aktif, menyenangkan, dan menantang bagi siswa dengan persentase aktivitas siswa terkait sintak model discovery learning 63% dengan kualifikasi kurang. (4) Pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil penilaian siswa, baik penilaian proses, hasil, maupun sikap.     Berdasarkan hasil penelitian, diberikan saran yaitu: penerapan model discovery learning akan lebih baik bila guru memberikan bimbingan kepada siswa agar penerapan model lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item