The language metafungtion of texs used as english teching materials for water resources engineering students school of engineering Universitas Brawijaya / Rita Darmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

The language metafungtion of texs used as english teching materials for water resources engineering students school of engineering Universitas Brawijaya / Rita Darmayanti

Darmayanti, Rita (2012) The language metafungtion of texs used as english teching materials for water resources engineering students school of engineering Universitas Brawijaya / Rita Darmayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis teks fungsional metafungsi bahasa hubungan logis dalam kalimat majemuk Dengan menggunakan desain kualitatif konten analisis sebagai metode studi ini menyelidiki struktur teks yang digunakan sebagai bahan ajar matakuliah Bahasa Inggris di jurusan teknik pengairan dengan menganalisis metafungsi bahasa yang terdiri dari metafungsi tekstual interpersonal dan experiensial hubungan logis dalam klausa majemuk meliputi tingkat keterkaitan atau taksis dan hubungan logico semantic. Data dalam studi ini diperoleh dari bahan ajar pada tahun akademik 2010/2011 and 2011/2012 dan meliputi Engineering in the Early Civilizations the Mesopotamians the Egyptians (teks A) The Ideals and Obligation of Professional Engineers (teks B) and Hydraulic and Water Resources Engineering (teks C). Ketiga teks tersebut memiliki kesamaan dalam hal field karena mereka merupakan literate teks yang mendeskripsikan dan membahas topik-topik yang berkaitan dengan bidang keteknikan tenor atau hubungan antara penulis dan pembaca (mahasiswa tahun pertama di fakultas teknik dan mode karena mereka diambil dari buku teks. Namun mereka memiliki perbedaaperbedaan dalam hal tujuan khusus mereka dalam penggunaan struktur dan leksiko grammar. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap teks memanfaatkan berbagai sumber daya bahasa dan terstruktur dengan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuannya. Teks A yang termasuk dalam genre recount bertujuan menceritakan peristiwa di masa lalu dan tersusun oleh perkembangan tematik yang konstan dan berkesinambungan untuk menunjukkan peristiwa-peristiwa luar biasa yang terjadi di masa lalu (peradaban Mesir kuno) klausa deklaratif yang memiliki polaritas positif dan validitas untuk masa lalu dominasi klausa material yang menunjukkan penekankan pada tindakan yang dilakukan oleh para insinyur Mesir kuno dan hubungan penambahan dalam kalimat majemuk bertingkat dan hubungan penambahan dalam kalimat majemuk setara. Teks ini dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari teks historis dan juga tindakan dan cara berpikir dari insinyur-insinyur kuno. Selain itu teks B yang berisi sumpah untuk insinyur menggunakan perkembangan tematik yang terus menerus secara dominan dalam tahapan dan fase latar dan reaksi klausa deklaratif yang memiliki validitas proposisi untuk saat ini dan masa depan dominasi dari proses material dan relasional yang menunjukkan bahwa teks ini berorientasi pada tindakan oleh insinyur dan dominasi penggunaan dari purposif hipotaktik dan penambahan aditif. Text ini menunjukkan karakteristik teks dalam genre sumpah dan berisi nilai moral tentang cita-cita kewajiban dan kualitas khusus yang harus dimiliki oleh insinyur professional sehingga jika teks ini digunakan sebagai bahan ajar dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari bahasa sumpah dan untuk pendidikan karakter. Selanjutnya teks C merupakan teks deskriptif yang menggunakan tahap klasifikasi untuk mendefinisikan dan menjelaskan rekayasa hidrolik dan sumber daya air dominasi klausa deklaratif yang memiliki polaritas netral dan menunjukkan sikap netral dari penulis terhadap topik yang dijelaskan dominanasi proses atributif dan identifikasi menunjukkan fokus teks untuk mengidentifikasi topik. Kekurangan dari teks ini terletak pada perkembangan tematik dalam teks kurang konsisten dikarenakan oleh fokus dan distribusi informasi yang kurang jelas untuk dipahami. Namun di sisi lain teks ini mungkin berguna dalam memfasilitasi mahasiswa dalam belajar untuk memahami maksud dan fungsi dari grup nominal yang kompleks. Untuk menggunakan ketiga teks tersebut sebagai bahan ajar praktisi bahasa Inggris di teknik pengairan untuk fokus pada struktur bahasa dan isi teks dan juga fitur bahasa dan retorika teks untuk mengembangkan cara-cara untuk membaca dan memahami teks dan melibatkan mahasiswa dalam diskusi yang lebih kaya mengenai isi dari teks. Di samping itu perhatian khusus harus diberikan pada karakteristik teks yang bisa menyebabkan kesulitan seperti kepadatan leksikal dalam grup nominal dan ambiguitas struktur sintaksis dalam kalimat majemuk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58608

Actions (login required)

View Item View Item