Handoko (2012) Sustained silent reading with intervention for improving the fourth semester students' reading skill of staima AL-Hikam Malang / Handoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Thesis Graduate Program of English Language Teaching Department State University of Malang. Advisors (I) Dr. Johannes A. Prayogo M. Pd. M. Ed. (II) Drs. Fachrurrazy M. A. Ph. D. Key words sustained silent reading reading ability. Asumsi umum bahwa meningkatnya kemampuan membaca siswa dengan banyak membaca mendapatkan pembenarannya terlebih proses aktivitas membacanya melalui sustained silent reading. Sebuah program membaca ekstensif yang diharapkan bisa mencapai secara signifikan prestasi membaca siswa sebagaimana program ini sering diasumsikan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa ke dua / bahasa asing memperbanyak capaian kosakata serta menaikkan kecepatan membaca. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan penggunaan sustained silent reading di kelas membaca dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana penerapannya mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang memberi perhatian pada penanganan permasalahan siswa digunakan guna menjawab permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini tujuh belas mahasiswa semester empat STAIMA Al-Hikam dilibatkan. Data penelitian ini berkait erat dengan partisipasi mahasiswa dan kemajuan membaca mereka yang bisa dilihat di laporan membaca mereka ringkasan terucap dan tertulis pemahaman membaca serta penguasaan kosakata. Dalam memperoleh data melalui lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data digunakan untuk memperoleh validasinya. . Strategi disusun dalam bentuk kesinambungan membaca. Mahasiswa didorong untuk membaca sebanyak-banyaknya baik di dalam maupun di luar kelas. Kelas membaca dilaksanakan dalam Sustained Silent Reading dimana intervensi dosen mengharuskan mahasiswa untuk menindaklanjuti bacaan mereka dalam bentuk laporan membaca seperti menceritakan ulang atau meringkas bacaan. Dalam prosedure ini mahasiswa dirangsang untuk membaca secara aktif materi bacaan yang mereka pilih. Tetapi mereka tetap disarankan dan di pandu untuk membaca bacan-bacan ringan. Temuan-temuan yang ada mengindikasikan bahwa penerapan penggunaan Sustained Silent Reading bisa meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Capaian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca mahasiswa meningkat melalui cara pembacaan yang terus menerus di dalam maupun di luar kelas. Pemahaman membaca mahasiswa yang diukur melalui tes pun menghasilkan hanya satu skor mahasiswa yang memenuhi batasan terendah criteria sukses. Ini berarti bahwa semua mahasiswa mampu memahami buku yang mereka baca. Fakta lain menunjukkan bahwa mahasiswa menikmati membaca. Satu hal penting yang dapat dilaporkan di sini adalah rasa ingin tahu mahasiswa. Keingintahuan mereka yang tinggi menjadi alasan mengapa mereka melanjutkan membaca bacaan yang sama meski mereka sadar materi bacaan tidaklah mudah. Semua mahasiswa mengakui dalam catatan harian mereka bahwa materi bacaan tidak hanya menarik tapi juga menantang untuk dibaca. Rasa percaya diri mahasiswa juga muncul sewaktu mereka diminta untuk menulis sekaligus menceritakan ulang apa yang mereka baca dan bahkan dengan peringkasan dan penceritaan ulang mahasiswa merasa dihargai sebagai pembaca. Apresiasi ini secara tidak langsung membantu meningkatkan rasa suka membaca mereka. Berdasarkan temuan-temuan ini saran dan anjuran ditawarkan kepada dosen dan peneliti berikutnya terkait erat dengan ketersediaan materi bacaan kesempatan membaca dan dorongan bagi mahasiswa untuk membaca secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |