Developing an English course syllabus for Agribusiness Management Study Program of State Polytechnic of Jember / Enik Rukiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an English course syllabus for Agribusiness Management Study Program of State Polytechnic of Jember / Enik Rukiati

Rukiati, Enik (2012) Developing an English course syllabus for Agribusiness Management Study Program of State Polytechnic of Jember / Enik Rukiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

English Language Education Program. The State University of Malang. Advisor (1) Dr. Monica D.D.Oka MA. (2) Prof. Dr.Nur Mukminatien M.Pd Key words silabus pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus program studi manajemen agribisnis Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan silabus mata kuliah bahasa Inggris untuk Program Studi Managemen Agribusinis. Berdasarkan pembelajaran studi awal yang dilakukan oleh peneliti diketemukan bahwa pembelajaran bahasa Inggris di program studi ini belum mempunyai silabus. Oleh karena itu memiliki silabus merupakan suatu kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi karena dengan tidak adanya silabus yang dapat dipakai sebagai pedoman mengajar oleh guru menyebabkan pengajaran bahasa Inggris menjadi tidak efektif. Pengembangan silabus yang dilakukan oleh peneliti didasarkan atas saran informasi dan harapan-harapan dari mahasiswa guru bahasa Inggris ketua program studi pengguna lulusan (stakeholders) dan juga dari kurikulum Program Studi Management Agribisnis. Penelitian ini memakai desain penelitian pengembangan(R and D). Tahapan pengembangan meliputi melakukan analisis kebutuhan merumuskan tujuan pengajaran memilih silabus yang sesuai membuat proto silabus menulis silabus pengajaran melakukan evaluasi yang meliputi validasi ahli dan uji coba produk. Tahapan terpenting dalam pengembangan silabus adalah analisis kebutuhan yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan nyata dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembelajaran bahasa Inggris sebagai dasar untuk pengembangan silabus. Analisis kebutuhan dilakukan dengan meminta sebanyak tiga puluh tiga mahasiswa Program Studi Manajemen Agribisnis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Ketua program studi dan lima staf pengajar Program Studi Manajemen Agribisnis beserta seorang pengajar bahasa Inggris dan dua pengguna lulusan (stakeholder) diwawancarai dengan tujuan untuk mendapat informasi tentang harapan mereka terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Informasi yang berhubungan dengan distribusi mata kuliah jumlah kredit mata kuliah dan kompetensi lulusan didapat dari kurikulum program Studi Managemen Agribisnis. Mata kuliah bahasa Inggris diberikan sekali dalam seminggu dengan alokasi waktu tiga jam perpertemuan. Profile lulusan dari program studi ini adalah pengusaha dibidang pertanian supervisor pertanian asisten manager dibidang pertanian penyuluh pertanian and asisten lapang. Observasi kelas juga dilakukan untuk mengetahui kondisi nyata dari pengajaran bahasa Inggris dikelas. Hasil dari kuesioner wawancara dan observasi kelas menunjukkan bahwa tujuan dari pengajaran bahasa Inggris adalah membuat siswa mempunyai keterampilan komunikasi dasar dalam bidang managemen agribisnis yang dibutuhkan oleh dunia kerja yang difokuskan pada keterampilan berbicara. Karena silabus yang dikembangkan akan diterapkan di program studi Management Agribisnis maka perlu dilakukan validasi dengan meminta seorang ahli dibidang perencanaan silabus dan seorang dosen senior di bidang management agribisnis. Ahli design silabus mengecek bahasa yang termuat didalam silabus. Dosen senior mengecek kesesuaian topik-topik dalam silabus. Evaluasi dan revisi dilakukan berdasarkan saran koreksi kritik dari para ahli dan kemudian produk ini akan diujicobakan kepada pengajar Bahasa Inggris dengan meminta pengajar bahasa Inggris untuk membuat satu rencana pengajaran (lesson plan) berdasarkan silabus ini. Berdasarkan hasil dari analisa kebutuhan dan hasil akhir dari pengembangan silabus ada beberapa saran untuk menerapan silabus ini. Pertama silabus yang dikembangkan menggunakan topical-functional silabus yang oleh peneliti dianggap paling sesuai untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Inggris di program studi ini. Kedua pengajar bahasa Inggris harus selalu bekerjasama dengan pengajar bidang studi dalam menentukan topic-topik yang akan dimuat dalam sillabus. Terakhir untuk memenuhi tuntutan kemajuan pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes) silabus ini perlu dievaluasi dan direvisi. Peneliti berharap bagi peneliti selanjutnya untuk menerapkan silabus yang telah disusun ini dalam mengajar bahasa Inggris di program studi managemne Agribisnis untuk melihat ke effektifan dari silabus yang dikembangkan dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58596

Actions (login required)

View Item View Item