Surya, Satyawati (2012) The Efect of the problem-based learning strategy on students' reading comprehension as evidenced from the students' selected personality traits / Satyawati Surya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Thesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. and (2) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata kunci pendidikan dua bahasa strategi problem-based learning Sekolah bertaraf internasional rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI RSBI) pemahaman bacaan and kepribadian tebuka/tertutup. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengamati dan menganalisa pengaruh PBL pada siswa yang berbeda kepribadian dalam memahami bacaan. PBL adalah strategi belajar yang membangun pengetahuan dan pemahaman siswa juga keahlian siswa berkomunikasi yang menjadi tuntutan akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan menguji apakah ada perbedaan peemahaman bacaan antara siswa diajari dengan strategi PBL dan yang dengan cara biasa apakah ada interaksi antara strategi PBL dan kepribadian siswa dalam memahami bacaan apakah ada perbedaan siswa yang berkepribadian terbuka dalam memahami bacaan diajari dengan strategi PBL dan yang dengan cara biasa apakah ada perbedaan siswa yang berkepribadian tertutup dalam memahami bacaan diajari dengan strategi PBL dan yang dengan cara biasa. Studi ini menggunakan desain penelitian semi-eksperimen yang mengambil tempat di SMP Negeri 2 Samarinda. Sampel diambil dari populasi siswa kelas tujuh tahun akademik 2011/2012. Ada 7 kelas bilingual. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 7 BL 5 dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan 7 BL 6 dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelompok kontrol. Siswa mendapat perlakuan di kelas berdasarkan kelompoknya. Berikut ini adalah prosedur dalam melaksanakan penelitian. Pertama-tama menyiapkan instrumen berupa post-test extroversion/introversion tes dan kuesioner mengenai perasaan siswa pada strategi PBL kemudian menguji cobakan post-test agar memenuhi kriteria tes yang baik selanjutnya mengetes siswa dengan menggunakan extroversion/introversion tes setelah itu melaksanakan treatment menggunakan strategi PBL kepada kelompok eksperimen dan cara yang biasa digunakan kepada kelompok kontrol akhirnya mengetes siswa dengan menggunakan post-test dan kuesioner mengenai perasaan siswa pada strategi PBL. Untuk menganalisa data yang terkumpul penelitian ini memakai multifactor analysis of variance (MANOVA). Penelitian ini mengungkapkan hasil berikut ini Pertama ada perbedaan siswa memahami bacaan diajari dengan strategi PBL dan yang dengan cara biasa karena rasio F antara kolom lebih tinggi daripada distribusi F (15.878 4.04) dan nilai P (sig.) lebih rendah daripada (sig) 0.05 (0.001 0.05). Murid yang diajari menggunakan strategi PBL mendapat nilai yang lebih tinggi daripada yang diajari dengan cara biasa. Kedua tidak ada interaksi antara strategi PBL dan kepribadian siswa dalam memahami bacaan karena rasio F kolom dengan baris lebih rendah daripada distribusi F (3.138 4.04). Itu berarti bahwa apapun kepribadian siswa terbuka atau tertutup strategi PBL tidak tergantung pada kepribadian siswa. Karena tidak ada interaksi antara strategi PBL dan kepribadian siswa dalam memahami bacaan tujuan penelitian ketiga dan keempat diabaikan. Hasil penelitian ini memberi bukti bahwa strategi PBL cukup baik dan efektif untuk pengajaran membaca Guru perlu menerapkan strategi ini untuk mengajar membaca dengan berbagai tema dan mendorong murid aktif dalam menyampaikan pendapat. Peneliti lain perlu melaksanakan penelitian lebih lanjut tentang strategi PBL dengan subyek keahlian bahasa Inggris gaya belajar dan sifat kepribadian yang berbeda dengan mengevaluasi kelemahan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58593 |
Actions (login required)
View Item |