Gender bias in an english textbook for junior high school students / Noni Mia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Gender bias in an english textbook for junior high school students / Noni Mia Rahmawati

Rahmawati, Noni Mia (2011) Gender bias in an english textbook for junior high school students / Noni Mia Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (II) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D Kata kunci bias gender English textbook junior high school Bias gender telah menjadi isu di bidang pembelajaran bahasa Inggris selama beberapa dekade. Dalam kurun waktu tersebut beberapa usaha untuk mengurangi ketidaksetaraan gender antara perempuan dan laki-laki telah dilakukan. Namun demikian banyak penelitian terbaru masih menemukan bias gender dalam beberapa elemen pembelajaran bahasa Inggris seperti dalam buku-buku teks. Bias gender dalam buku-buku teks dianggap lebih merugikan dibandingkan bias gender dalam elemen-elemen lain. Hal ini disebabkan bias gender dalam buku-buku teks berdampak lebih luas secara geografis terhadap pembaca lintas pulau dan negara yaitu memungkinkan pembaca memiliki konsep gender yang salah. Terlebih lagi buku-buku teks dianggap mengandung kurikulum tersembunyi yang menyampaikan norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat sehingga akan merugikan bagi pembaca untuk membaca buku-buku teks yang mengandung bias gender karena pembaca akan memiliki konsep yang salah tentang perempuan dan laki-laki. Oleh karena itu perlu adanya penelitian yang berkesinambungan tentang bias gender yang terdapat dalam buku-buku teks untuk mengetahui apakah bias gender terus menerus ada dalam buku-buku teks dan bagaimana para penulis buku-buku tersebut merepresentasikan bias gender. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bias gender pada sebuah buku teks bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Pertama dalam isi teks melalui penggunaan bahasa dan dalam gambar-gambar. Penelitian ini adalah analisis isi yang menjelaskan representasi bias gender pada isi teks melalui penggunaan bahasa dan pada gambar-gambar dalam sebuah buku teks bahasa Inggris. Empat tipe penggunaan bahasa dianalisis pada isi teks yaitu (1) ) istilah-istilah maskulin yang mewakili masyarakat umum (2) istilah-istilah yang menandai gender (3) kata-kata yang bersanding dengan artikel-artikel yang menunjukkan gender dan (4) artikel-artikel netral gender yang menunjukkan bias gender. Untuk gambar-gambar lima criteria ditetapkan dalam meneliti bias gender yaitu (1) kegiatan-kegiatan dalam gambar-gambar (2) karakter-karakter yang aktif dan pasif (3) bahasa tubuh dan arah mata (4) pakaian karakter dan (5) status karakter-karakter. Selain dua set kriteria tersebut sebuah pedoman dikembangkan untuk digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang terkait dengan bias gender dalam isi teks melalui pengunaan bahasa dan gambar. Lima daftar kata dibuat untuk mengumpulkan data tentang bias gender dalam isi teks melalui penggunaan bahasa. Selain itu dua tabel dibuat selama pengumpulan data tentang penggunaan artikel-artikel netral gender yang menunjukkan bias gender. Data tentang bias gender dalam isi teks dan gambar dianalisis berdasarkan makna yang terdapat dalam isi teks dan gambar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Pertama yang diteliti masih mengandung bias gender. Pada isi teks bias gender terdapat pada empat tipe penggunaan bahasa yaitu (1) ) istilah-istilah maskulin yang mewakili masyarakat umum (2) istilah-istilah yang menandai gender (3) kata-kata yang bersanding dengan artikel-artikel yang menunjukkan gender dan (4) artikel-artikel netral gender yang menunjukkan bias gender. Bias gender tersebut muncul karena makna-makna dari keempat tipe penggunaan bahasa tersebut kebanyakan menyiratkan stereotipe-sterotipe traditional yang diyakini masyarakat. Baik perempuan maupun laki-laki di gambarkan dalam stereotipe-stereotipe tersebut. Sama halnya dengan isi teks gambar-gambar dalam buku teks juga menunjukkan bias gender. Meskipun perempuan digambarkan sebagai pemegang status dalam gambar-gambar tersebut isu bias gender tampak akibat dari penggambaran perempuan berdasarkan stereotipenya. Namun dibandingkan dengan beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya peneliti menyimpulkan bahwa bias gender yang terdapat pada buku yang diteliti pada penelitian kali ini lebih sedikit dibanding buku-buku yang diteliti pada penelitian-penilitian sebelumnya. Hal ini disebabkan buku yang diteliti kali ini tidak memotret bias gender sejelas potret bias gender pada buku-bulu yang diteliti sebelumnya. Beberapa saran kemudian diberikan kepada para penulis buku teks bahasa Inggris dan para pengajar bahasa Inggris. Para penulis disarankan untuk lebih memperhatikan penggunaan bahasa yang lebih adil gender dan gambar-gambar perempuan dan laki-laki yang lebih seimbang dalam buku teks terutama pada makna-makna yang tersirat dari bahasa dan gambar tersebut. Untuk para pengajar bahasa Inggris disarankan agar mereka juga lebih memperhatikan dan memperluas pengetahuan tentang isu-isu bias gender dalam bidang pendidikan termasuk bias gender dalam buku-buku teks. Dengan demikian diharapkan para pengajar dapat memilih buku-buku teks yang mengandung kesetaraan gender sebagai suatu usaha untuk meminimalisasi penggambaran dan perilaku bias gender dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58585

Actions (login required)

View Item View Item