An analysis of speaking materials in developing english competencies for SMA/MA grade XI based on ctl / Refanita - Repositori Universitas Negeri Malang

An analysis of speaking materials in developing english competencies for SMA/MA grade XI based on ctl / Refanita

Refanita (2011) An analysis of speaking materials in developing english competencies for SMA/MA grade XI based on ctl / Refanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Materi Berbicara Buku teks dan pembelajaran kontekstual Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bahan berbicara pada buku teks yang berjudul Developing English Competencies untuk SMA/ MA Kelas XI berdasarkan CTL dengan melihat ada atau tidaknya ke tujuh komponen CTL yaitu konstruktivisme menemukan bertanya masyarakat belajar pemodelan refleksi dan penilaian autentik. Untuk desain penelitian peneliti menggunakan analisis isi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar analisis yang dikembangkan berdasarkan 7 komponen CTL ( konstruktivisme menemukan bertanya masyarakat belajar model refleksi dan penilaian yang autentik. Kriteria penilaian digunakan untuk mendeskripsikan aplikasi komponen CTL. Jika skornya berkisar antara 5 sampai 6 dikategorikan baik bila skornya antara 3 sampai 4 dikategorikan cukup skor antara 1 sampai 2 dikategorikan buruk dan skor 0 sangat buruk. Temuan menunjukkan bahwa aplikasi komponen CTL dalam buku ini dalam hal konstruktivisme dikualifikasikan cukup menemukan kualifasi baik bertanya dengan kualifikasi sangat buruk masyarakat belajar dikategorikan baik model dikategorikan sangat buruk refleksi dengan kualifikasi cukup and penilaian yang otentik juga berkualifikasi cukup. Diluar permasalahan yang diteliti ada temuan lain. Pertama ada satu kegiatan yang tidak sesuai dengan topik yang dibicarakan. Kedua tidak adanya pemisahan antara materi yang merespon fungsi bahasa dengan merespon monolog dalam jenis text. Ketiganya ada kesalahan ejaan kata dan kesalahan dalam tata bahasa. Pada intinya bukunya ini cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan menambahkan kegiatannya dan mengurangi kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan topic yang dibicarakan. Berkaitan dengan temuan beberapa saran diusulkan untuk para guru dan peneliti yang akan datang. Dalam hal konstruktivisme gambar dapat diberikan untuk memotivasi para siswa dalam mengingat pengetahuan mereka sebelumnya. Ada beberapa strategi lain yang dapat digunakan untuk mengaktifkan pengetahuan yang sudah mereka miliki seperti tes diagnosa tabel KWl berpikir belajar dengan melakukannya. Dalam hal menemukan menberikan kegiatan yang bervariasi Dalam hal betanya memberikan pertanyaan yang membuat siswa berpikir. Dalam hal masyarakat belajar pengelompokan siswa pada kelompok yang lebih besar dapat difasilitasi agar terbentuknya hubungan yang lebih dekat antar siswa dan berikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk bebicara dan dan berbagi pikiran. Kegiatan pemodelan dapat dilakukan oleh guru sebelum meminta siswa untuk melakukan sesuatu. Refleksi lebih baik diberikan setelah pelajaran selesai dan bisa dalam bentuk jurnal diskusi catatan menceritakan pengalaman langsung tentang pelajaran baru dan hasil karya siswa. Jenis lain dari penilaian seperti wawancara lisan deskripsi dengan petunjuk gambar atau cerita kesenjangan informasi teks cerita / menceritakan kembali improvisasi / roleplays / simulasi laporan lisan dan debat dapat ditambahkan. Untuk peneliti yang akan datang disarankan bahwa mereka melakukan evaluasi tidak hanya untuk bahan berbicara tetapi juga untuk keterampilan bahasa lain dan mereka dapat menggunakan lembar analisis yang digunakan dalam penelitian ini atau mengembangkan lembar analisis yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58581

Actions (login required)

View Item View Item