A Process genre approach to improve the studens' writing ability / Enur Siti Nurjanah - Repositori Universitas Negeri Malang

A Process genre approach to improve the studens' writing ability / Enur Siti Nurjanah

Nurjanah, Enur Siti (2011) A Process genre approach to improve the studens' writing ability / Enur Siti Nurjanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci pendekatan genre proses kemampuan menulis. Temuan awal dalam preliminary study mendorong penulis untuk melakukan penelitian dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas sebelas MA Persis Katapang Bandung. Dari angket yang berisi sepuluh pernyataan ditemukan bahwa sebagian besar siswa mempunyai kesulitan untuk menulis dalam bahasa Inggris. Kesulitan mereka adalah dalam hal mendapatkan ide menyusun ide dan dalam menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan ide-ide mereka. Untuk memecahkan masalah ini pendekatan proses genre diterapkan dalam pembelajaran menulis di kelas tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan pendekatan proses genre. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dalam hal ini dia bekerja sama dengan guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan strategi ini membutuhkan enam kali dua jam pelajaran. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas sebelas MA Persis Katapang Bandung tahun ajaran 2010/2011. Data dikumpulkan melalui penugasan menulis sebelum dan sesudah action ceklis pengamatan catatan lapangan dan kuesioner. Penilaian tulisan siswa dalam penugasan sebelum dan sesudah action dilakukan oleh dua orang rater (penilai). Dalam pada itu reliabilitas antar rater dihitung dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mengukur tingkat persetujuan dari dua rater tersebut. Nilai reliabilitas antar kedua rater tersebut adalah 87% sebelum action dan 76% sesudah action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelaksanaan pendekatan proses genre untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa berhasil secara efektif dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama modeling of text (MoT) dalam hal ini siswa diberikan salah satu jenis teks yang akan mereka tulis setelah itu. Sementara itu building knowledge of the field (BKoF) dilakukan di tahapan MoT dan JCoT di awal kegiatan pembelajaran. Kedua diskusi mengenai ciri-ciri kebahasaan dalam hal ini para siswa didorong untuk menemukan beberapa ciri kebahasaan dalam teks yang diberikan para siswa juga mendapat penjelasan mengenai ciri-ciri kebahasaan dalam teks tersebut dan mengerjakan latihan tentang ciri-ciri kebahasaan yang dimaksud. Dalam langkah berikutnya joint construction of text (JCoT) bagian 1 guru dan siswa bekerja sama untuk menghasilkan sebuah teks. Langkah ini diikuti oleh joint construction of text (JCoT) bagian 2 yang dalam hal ini siswa membuat draf tulisan dengan plan sheet dan expansion sheet serta merevisi dan mengedit draf tersebut dengan bantuan temannya untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik. Terakhir dalam independent construction of text (ICoT) siswa membuat teks secara individu. Setiap tahapan prosedur tersebut dilakukan dalam satu kali pertemuan yang terdiri dari dua jam pelajaran kecuali untuk JCoT 2 yang membutuhkan dua pertemuan. Pendekatan proses genre telah terbukti efektif tidak hanya dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa akan tetapi efektif juga dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Perolehan nilai rata-rata siswa meningkat dari 47 dalam penugasan sebelum action menjadi 70 dalam penugasan sesudah action partisipasi siswa juga bisa mencapai 100%. Selain itu pendekatan ini juga efektif untuk menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pelajaran menulis dan menulis dalam bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis dan diskusi disarankan bagi guru bahasa Inggris yang memiliki masalah yang sama untuk menggunakan pendekatan genre proses dalam pembelajaran menulis. Akan tetapi mereka perlu memperhatikan jangka waktu yang diberikan kepada siswa dalam menulis sebaiknya diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan seperti permainan diantara langkah JCoT dan ICoT sehingga siswa tidak merasa bosan terus menerus menulis. Selanjutnya dalam diskusi mengenai ciri-ciri kebahasaan siswa sebaiknya diberikan latihan yang tidak hanya dalam tingkatan kalimat tetapi juga dalam tingkatan paragraf contohnya paragraf rumpang. Bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian dalam pengimplementasian pendekatan proses genre disarankan untuk memberikan topik yang berbeda pada tahapan ICoT sehingga kemampuan siswa dalam menulis sebuah esei dari genre tertentu dapat terukur dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58579

Actions (login required)

View Item View Item