The use of picture series to improve eight graders' writing recount texts at MTs N Babakan Ciledug Cirebon / Ajis Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of picture series to improve eight graders' writing recount texts at MTs N Babakan Ciledug Cirebon / Ajis Ahmad

Ahmad, Ajis (2011) The use of picture series to improve eight graders' writing recount texts at MTs N Babakan Ciledug Cirebon / Ajis Ahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph.D (II) Dr. Enny Irawati M.Pd Kata kunci Serial Gambar meningkatkan kemampuan menulis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTs N Babakan Ciledug-Cirebon ditemukan bahwa kemapuan menulis siswa tahun 2010-2011 masih belum memuaskan. Hal tersebut disebabkan para siswa kesulitan dalam memunculkan ide-ide dan menemukan kosakata dan rendahnya motivasi mereka dalam kegiatan menulis. Karena itu penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi masalah siswa dalam menulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas delapan pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG MTs N Babakan Ciledug-Cirebon. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan hasil test menulis siswa . Penerapan serial gambar dalam pembelajaran menulis teks recount terdiri aras beberapa langkah 1) memberikan para siswa contoh serial gambar dan teks recount 2) Menjelaskan teks 3) menjelaskan strukutur bahasa teks recount 4) memberikan para siswa serial gambar yang lain 5) meminta para siswa untuk meneliti apa yang mereka lihat dalam gambar 6) membimbing siswa dalam membuat daftar kosakata berdasarkan gambar 7) membimbing siswa untuk membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata yang ditemukan berdasarkan gambar 8) membimbing siswa untuk menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah paragrap 9) membimbinmg siswa untuk memperbaiki draf 10) membimbing siswa untuk mengedit draf dalam hal ejaan tata bahasa and tanda baca dan11) meminta siswa untuk menulis paragrap versi akhir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan serial gambar berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa ini menunjukan bahwa para siswa mengalami kemajuan dari siklus pertama sampai siklus ke dua. Ini ditandai dengan meningkatnya persentase siswa dalam pencapaian kriteria sukses. Kriteria pertama adalah jika 70% siswa berpartisipasi atau terlibat aktif dalam proses berlaja mengajar dan analisa data menjelaskan bahwa 72 3% (pada siklus I) 79 5% (pada siklus II) siswa terlibat aktif. Mengenai kriteria kedua yaitu jika semua siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 55 penemuan menunjukkan bahwa 72 3% (pada siklus I) 100% (pada siklus II) siswa telah mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 55. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa serial gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar bahasa Inggris. Oleh karena itu guru-guru bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan ini dalam pelajaran bahasa Inggris terutama dalam pelajaran menulis. Dari semua itu peran guru dan penerapan materi dan media yang tepat sangatlah diperlukan karena hal tersebut akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Akhirnya calon peneliti disarankan melakukan penelitian dengan menerapkan serial gambar dalam keterampilan berbahasa yang lain pula atau dengan menggunakan rancangan penelitian yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58575

Actions (login required)

View Item View Item