Peningkatan hasil beljar IPS melalui model cooperative scrip pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar / Risya Rizki Candrasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil beljar IPS melalui model cooperative scrip pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar / Risya Rizki Candrasari

Candrasari, Risya Rizki (2015) Peningkatan hasil beljar IPS melalui model cooperative scrip pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar / Risya Rizki Candrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Candrasari Risya Rizki. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (II) Drs. Santoso Yoewono. Kata Kunci cooperative script ips hasil belajar Hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 di ketahui bahwa terdapat permasalahan pada pembelajaran IPS sebagai berikut. (1) hasil belajar siswa rendah hal ini dapat dilihat dari 13 siswa hanya 4 siswa (30%) yang mencapai KKM dan 9 siswa (70%) lainnya belum mencapai KKM (2) pembelajaran dikelas nampak monoton (3) siswa kurang konsentrasi dan bosan saat pembelajaran (4) pembelajaran lebih sering dilaksanakan secara individu daripada kelompok. Permasalahan tersebut terjadi karena guru masih menggunakan model konvensional yaitu ceramah dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model cooperative script pada pelajaran IPS di kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPS melalui model cooperative script pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara guru peneliti dan guru kelas IV. Prosedur PTK terdiri dari dua siklus langkah-langkah tiap siklus adalah sebagai berikut. (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek penelitian yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 yang berjumlah 13. Data yang diambil adalah tentang aktifitas guru aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktifitas guru dalam penerapan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 sebesar 88% siklus I pertemuan 2 sebesar 94% siklus II pertemuan 1 sebesar 94% siklus II pertemuan 2 sebesar 100%. Sedangkan persentase aktifitas siswa dalam penerapan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 sebesar 73% siklus I pertemuan 2 sebesar 77% siklus II pertemuan 1 sebesar 80% siklus II pertemuan 2 sebesar 88%. Untuk persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 53% siklus I pertemuan 2 sebesar 69% siklus II pertemuan 1 sebesar 76% siklus II pertemuan 2 sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative script dapat meningkatkan aktifitas guru aktifitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kedungwungu 01 Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5857

Actions (login required)

View Item View Item