Peningkatan hasil belajar IPS melalui penggunaan media boneka tangan pada siswa kelas III di SDN Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri / Randy Widi Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui penggunaan media boneka tangan pada siswa kelas III di SDN Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri / Randy Widi Prayoga

Prayoga, Randy Widi (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui penggunaan media boneka tangan pada siswa kelas III di SDN Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri / Randy Widi Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prayoga Randy Widi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan Siswa Kelas III SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti S.Pd M.Pd (II) Drs. Santoso Yoewono S.Pd Kata kunci Peningkatan hasil belajar IPS Media boneka tangan Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas III SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) dikarenakan kurang minatnya siswa pada materi yang disampaikan oleh guru (2) Guru terlalu mendominasi pembelajaran dan kurang mampu menciptakan kegiatan belajar yang dapat merangsang keaktifan siswanya (3) Guru mengajar tidak menggunakan media apapun dalam pembelajaran (4) kegiatan siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru. Permasalahan tersebut menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri serta pengalaman belajar yang diperoleh siswa selama pembelajaran sangat minim. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran IPS di SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri (2) Untuk mendiskripsikan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menudukung penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) soal tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan media boneka tangan berjalan dengan baik. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS menggunakan media boneka tangan. Penggu-naan media boneka tangan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar pada pratindakan adalah 62 siklus I adalah 76 dan siklus II adalah 85. Ketuntasan belajar secara klasikal pada pratindakan sebesar 39% pada siklus I sebesar 67% dan pada siklus II mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngetrep 03 Kabupaten Kediri.Untuk itu diharapkan guru menggunakan media boneka tangan dan alat peraga secara konkret dalam pembelajaran IPS materi jeis-jenis pekerjaan agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item