Peningkatan hasil belajar bilangan Romawi melalui model team quiz pada siswa kelas IV SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Wasi'atul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar bilangan Romawi melalui model team quiz pada siswa kelas IV SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Wasi'atul Islamiyah

Islamiyah, Wasi'atul (2015) Peningkatan hasil belajar bilangan Romawi melalui model team quiz pada siswa kelas IV SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar / Wasi'atul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islamiyah Wasi atul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Bilangan Romawi Melalui Model Team Quiz Pada Siswa Kelas IV di SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (II) Dra. Widayati M.H. Kata Kunci hasil belajar bilangan romawi model team quiz Hasil observasi awal yang telah dilakukan di SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar pada pembelajaran Matematika materi bilangan romawi ditemukan beberapa masalah di antaranya 1) metode yang digunakan guru hanya ceramah tanya jawab dan penugasan 2) guru tidak menggunakan media pembelajaran 3) siswa pasif selama pembelajaran dan 4) kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Hal inilah yang menyebabkan nilai hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 12 siswa hanya 3 siswa saja yang nilainya di atas KKM yakni 70 dengan persentase KBK sebesar 25%. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui pembelajaran model team quiz. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran team quiz pada pembelajaran Matematika materi bilangan romawi di kelas IV SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bilangan romawi melalui model team quiz di kelas IV SDN Babadan 04 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripstif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan proses dan hasil belajar materi bilangan romawi dengan menggunakan model team quiz. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan model team quiz dapat dikatakan berhasil dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 57 5 dengan persentase KBK sebesar 25%. Pada siklus I pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81 dengan persentase KBK mencapai 83%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 87 dengan persentase KBK 92%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian yakni sebagai berikut. Pertama pelaksanaan pembelajaran aktif model team quiz dalam materi lambang bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN Babadan 04 Wlingi Blitar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Kedua pembelajaran aktif model team quiz dalam materi lambang bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN Babadan 04 Wlingi Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 2 mencapai 92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5854

Actions (login required)

View Item View Item