Developing supplementary reading materials related to science and math for the tenth graders of SMA Negeri 5 Malang / Evi Maria - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing supplementary reading materials related to science and math for the tenth graders of SMA Negeri 5 Malang / Evi Maria

Maria, Evi (2011) Developing supplementary reading materials related to science and math for the tenth graders of SMA Negeri 5 Malang / Evi Maria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd Kata Kunci pengembangan materi bacaan tambahan ilmu pengetahuan alam dan matematika Materi bahan bacaan tambahan merupakan salah satu cara untuk memenuhi tujuan sekolah berbasis international. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi bacaan tambahan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam dan Matematika dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas satu RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) SMAN 5 Malang. Desain pengembangan yang digunakan dalam penyusunan materi tambahan ini adalah penelitian yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang meliputi survai kebutuhan pengembangan materi produk awal validasi ahli pengembangan dan guru revisi uji coba revisi dan hasil produk. Subyek dari studi ini adalah siswa kelas X6 dan X9 yang berjumlah tujuh puluh. Studi ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu kuesener wawancara studi dokumen rating scales dan ceklis. Kemudian data dari siswa tentang kebutuhan mereka tehadap bahan bacaan dikalkulasi secara persentase deskripsi dan kuantitatif. Dan data dari guru tentang bahan bacaan dijabarkan secara kualitatif. Kumpulan data untuk mengetahui kesulitan siswa dalam ketrampilan membaca dijelaskan secara deskripsi dan kuantitatif. Kumpulan data dari penelitian ini adalah kebutuhan siswa terhadap bahan bacaan di SMA Negeri 5 Malang sekolah berbasis internasional. Draft awal pengembangan materi bacaan terdiri dari dua unit dan dijabarkan secara detil menjadi lima pelajaran di semester pertama. Bahan pengembangan materi ini berhubungan dengan bacaan konten area seperti Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika yaitu Unit 1 Ilmu Pengetahuan Alam Pelajaran 1 Wow a Beautiful Flower Pelajaran 2 Silent Please Pelajaran 3 What Should I Do Dan Unit 2 Matematika Pelajaran 4 What s Up Pelajaran 5 Let s Study Math Hasil ahli pengembangan menunjukkan bahwa bahasa dan desain pengembangan materi dapat diterima. Akan tetapi masih diperlukan revisi yang berhubungan dengan kejelasan tujuan ketepatan antara isi dan kebutuhan siswa kesalahan struktur bahasa dan susunan pemetaan materi. Terlebih lagi selama koreksi aktifitas dalam situasi informal ahli bahasa menyarankan bahwa pengembang disarankan untuk menambahkan model teks untuk kegiatan pemecahan masalah. Ahli dari guru menunjukkan bahwa isi dan tujuan instruksional sudah sesuai dengan kebutuhan siswa akan tetapi masih perlu direvisi. Kemudian revisi draft awal dikerjakan berdasarkan data tersebut. Berdasarkan hasil uji menunjukkan keefektifan keatraktifan dan tingkat kesulitan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik untuk belajar Biologi mereka berkomentar karena Biologi berhubungan dengan kehidupan nyata. Kecenderungan siswa belajar Matematika karena mereka suka pelajaran Matematika. Revisi dikerjakan dengan cara menyederhanakan lay-out intruksi tugas dan latihan. Produk akhir berbentuk buku kerja siswa yang terdiri dari prakata pengenalan buku kerja tambahan materi bacaan untuk guru untuk guru peta materi judul tujuan instruksional materi bacaan yang sesuai dengan konten area latihan-latihan tugas-tugas kunci jawaban dan petunjuk guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58535

Actions (login required)

View Item View Item