Handayani, Ekawati Putri (2015) Peningkatan hasil belajar matematika materi bilangan pecahan melalui model pembelajaran jigsaw di kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung / Ekawati Putri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Ekawati Putri. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. H. Saiful Imam S.Pd . M.Pd. Kata kunci hasil belajar matematika model Jigsaw Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung ditemukan permasalahan antara lain guru menggunakan model pembelajaran dengan cara ceramah yang cenderung hanya transfer informasi tanpa melibatkan keaktifan siswa siswa lebih cenderung pasif yang terlihat dari 36 siswa kurang dari 50% siswa yang terlihat bersungguh-sungguh dalam belajar sedangkan siswa yang lain terlihat bergurau dan bosan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung siswa masih malu dan ragu untuk menjawab pertanyaan ataupun mengajukan pendapat rendahnya sikap komunikatif dan sikap saling kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung melalui model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengum pulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut pada pratindakan ketuntasan belajar klasikal siswa kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung memperoleh presentase sebesar 33% pada siklus I rata-rata presentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung meningkat menjadi 57% dan siklus II meningkat kembali menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi bilangan pecahan melalui model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bendosari Tulungagung. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih ter tarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5852 |
Actions (login required)
View Item |