Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri / Destira Anugrahini Kuswidian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri / Destira Anugrahini Kuswidian

Kuswidian, Destira Anugrahini (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri / Destira Anugrahini Kuswidian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Destira Anugrahini Kuswidian. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M Zainuddin M. Pd Pembimbing (2) Drs. H. Saiful Imam S. Pd. M. Pd. Kata Kunci model Talking Stick hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dikelas IV diketahui bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPS masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 65. Dari 30 siswa hanya 12 siswa yang mendapat nilai di atas sama dengan 65. Hal ini disebabkan karena saat mengajar guru menggunakan metode lama yaitu ceramah. Hal di atas yang melatarbelakangi diadakannya penelitian tindakan kelas ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan dengan model Talking Stick pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar tentang pembelajaran IPS setelah diajarkan dengan model Talking Stick pada siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan yang terdiri atas tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberejo Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Talking Stick telah dilaksanakan dengan baik dan benar hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas guru dalam mengajar pada siklus II yang mencapai 96%. 2) model Talking Stick pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rata-rata jumlah ketuntasan pada pra tindakan 12 siswa siklus I sejumlah 18 siswa dan pada siklus II sejumlah 25 siswa dari 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sumberejo Kabupaten Kediri. Saran bagi guru dan sekolah dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan bagi peneliti lanjutan penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk mengadakan penelitian-penelitian selanjutnya dengan menggunakan model dan strategi penelitian yang lebih kompleks sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item