Peningkatan hasil belajar persegi dan persegi panjang melalui model inkuiri pada siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Tulungagung / Anna Devi Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar persegi dan persegi panjang melalui model inkuiri pada siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Tulungagung / Anna Devi Nur Azizah

Azizah, Anna Devi Nur (2015) Peningkatan hasil belajar persegi dan persegi panjang melalui model inkuiri pada siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Tulungagung / Anna Devi Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Anna Devi Nur.2015.Peningkatan Hasil Belajar Persegi dan Persegi Panjang melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas III di SDN Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (2) Dra. Widayati M.H Kata Kunci peningkatan hasil belajar model inkuiri Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung menyatakan bahwa guru melaksanakaan pembelajaran tidak sesuai dengan langkah-langkah pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Guru menggunakan metode pembelajaran ceramah tanya jawab dan penugasan. Guru juga kurang dapat mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa yang berbicara dan bermain sendiri. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas III SDN Tanen adalah 70. Berdasarkan hasil observasi guru dan siswa didapatkan hasil bahwa 23 siswa mendapat nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung melalui model inkuiri. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model inkuiri pada pembelajaran persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III di SDN Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung sudah sesuai dengan langkah-langkah pada model inkuiri. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada tahap pratindakan presentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 50% dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 55 dengan ketuntasan klasikal sebesar 26%. Pada tahap siklus I presentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 78% dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 67.5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) di kelas III telah ditentukan sebesar 80% dari jumlah seluruh siswa di kelas karena pada siklus I presentase ketuntasan belum mencapai KBK yang ditentukan penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II presentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 90% dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 88 dengan presentase ketuntasan sebesar 97%. Oleh karena itu penerapan model inkuiri pada pembelajaran bangun datar persegi dan persegi panjang dilaksanakan dengan sangat baik. Pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan serta hasil belajar siswa meningkat dan dapat mencapai Ketuntasan Belajar Klasikal yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item