Pengembangan media Pop Up pembelajaran bahasa Indonesia materi Mendongeng kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang / Eviva Whika Rosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Pop Up pembelajaran bahasa Indonesia materi Mendongeng kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang / Eviva Whika Rosari

Rosari, Eviva Whika (2015) Pengembangan media Pop Up pembelajaran bahasa Indonesia materi Mendongeng kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang / Eviva Whika Rosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosari Eviva Whika. 2015. Pengembangan Media Pop Up Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Mendongeng Kelas 2 Semester 2 Madartsah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata kunci Pengembangan Media Pop Up Bahasa Indonesia Materi mendongeng yang ada dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa dituntut untuk dapat bercerita bahasanya sendiri dalam proses pembelajaranguru masih kesulitan untuk memusatkan perhatiaan siswa. Selama ini guru sering menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa verbal yang mengakibatkan siswa mudah jenuh dalam mengikuti pembelajaran dalam hal ini media pop up yang berupa buku merupakan media yang tepat karena memiliki unsur teks dan gambar yang memperjelas materi dan dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran. Unsur media yang ada dalam mediapop up memiliki potensi untuk mengatasi kesulitan pembelajaranyaitu (1) menceritakan kembali isi dogeng (2) menjelaskan tumbuhan atau binatang sesuai dengan cirinya (3) menyebutkan isi teks agak panjang (4) menjelaskan tumbuhan atau binatang dengan bahasa tulis. Pengembangan media pembelajaran ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan produk buku ajar pop upyang layak / valid untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dan efektif dalam meningkatkan kefokusan dan minat belajar siswa terhadap materi mendongeng yang dapat membantu ketercapaian tujuan pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pop up ini adalah model ADDIE. Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang dilakukan guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Adapaun tahap tersebut antara lain (1) analysis (analisis) (2) design (desain) (3) development (pengembangan) (4) implementation (implementasi) (5) evaluation (evaluasi). Pengembangan media pop up ini memenuhi kriteria valid yang meliputi ahli media 98 33% valid ahli materi 91 6% valid dan hasil uji coba siswa perseorangan mencapai 89 25% valid. Dan hasil latihan soal seluruh siswa telah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Pengembangan ini menghasilkan sebuah media pop up yang dikemas dalam bentuk buku dengan gambar 3Dimensi yang disertai dengan petunjuk pemenfaatan untuk pengguna. Saran daripengembanguntuk guru bidangstudiadalah sebelum melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru mempelajari cara penggunaan media pop up terlebih dahulu pengembangjugaberharap guru lebih sering menggunakan variasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran.Sedangkanuntukpengembangselanjutnyasebaikya media pop upinidikembangkandenganmateri-materi yang lainsesuaidengankarakteristikbidang studi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item