Rozi, Fathur (2011) Developing an English textbook for the RSBI ninth graders of SMPN 5 Probolinggo / Fathur Rozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis tidak diterbitkan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arwijati Wahyudi M.Pd. (II) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Key words Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Buku Paket Pengembangan Pembelajaran Berbasis Tema. Standar isi RSBI menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Inggris sebaiknya mencakup topik-topik yang berhubungan dengan sains dan teknologi. Guru bahasa Inggris di SMPN 5 Probolinggo kesulitan menerapkan standar isi tersebut karena bahan ajar yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku paket untuk siswa RSBI kelas sembilan dengan topik sains dan teknologi. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan yang melibatkan siswa kelas sembilan SMPN 5 Probolinggo seorang guru bahasa Inggris dan dua orang ahli dalam pengembangan materi. Prosedur dalam penelitian ini mencakup analisis kebutuhan pengembangan materi validasi dari ahli dan uji coba materi. Instrumen yang digunakan dalam analisis kebutuhan adalah kuesioner dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari siswa dihitung dalam prosentase sedangkan data yang diperoleh dari guru dideskripsikan secara kualitatif. Data tersebut digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan bahan ajar. Lembar validasi digunakan mengumpulkan hasil validasi dari ahli pengembangan materi. Ahli pengembangan memvalidasi buku paket dalam hal disain huruf pengetikan spasi pengorganisasian materi lay out tujuan pembelajaran topik ulasan tata bahasa contoh tugas perintah cakupan materi isi dan bahasa. Uji coba terhadap guru bahasa Inggris untuk mengetahui efektifitas produk daya tarik dan tingkat kesulitan produk. Subyek penelitian ini adalah siswa RSBI kelas sembilan. 24 siswa dilibatkan dalam uji coba. Data dari hasil pengamatan guru yang berhubungan dengan efektifitas produk daya tarik dan tingkat kesulitan produk disajikan secara deskriptif. Data dari siswa yang berhubungan dengan keterbacaan daya tarik dan tingkat kesulitan materi dianalisis secara deskriptif dalam prosentase. Draf awal berupa buku paket tersebut terdiri atas empat unit. Unit tersebut meliputi Unit 1 Laboratory equipments a microscope and a thermometer Unit 2 How does a computer work Unit 3 What do you know about living things and Unit 4 What a beautiful planet. Menurut para ahli hasil validasi buku teks mencakup pertama ilustrasi pada cover dan pada halaman awal tiap unit sebaiknya lebih menarik. Demikian juga judul pada cover. Kedua lay-out (tampilan) pada buku paket sebaiknya dibuat lebih menarik. Gambar jangan sampai kabur dan kombinasi warna sebaiknya dipertimbangkan dengan hati-hati. Ketiga gambar pada buku paket sebaiknya diletakkan dalam bingkai. Keempat para ahli menyarankan untuk memberikan bagian refleksi pada bagian akhir tiap-tiap unit. Kelima tujuan pembelajaran pada tiap-tiap unit harus jelas karena tujuan pembelajaran merupakan tujuan yang akan dicapai. Keenam berhubungan dengan penggunaan huruf sebaiknya mudah terbaca. Ketujuh deskripsi dan penjelasan bagaimana menggunakan buku paket tersebut harus jelas. Terakhir berkaitan dengan perintah sebaiknya diberikan contoh pada tiap-tiap latihan. Produk akhir dalam penelitian ini adalah buku paket yang terdiri dari peta kompetensi topik ( sains dan teknologi ) pada tiap-tiap unit tujuan pembelajaran materi pembelajaran bahasa Inggris untuk kelas sembilan RSBI refleksi dan buku petunjuk guru yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa buku paket tersebut sesuai untuk siswa RSBI kelas 9. Buku paket tersebut dapat memfasilitasi perkembangan empat keterampilan berbahasa. Bagi guru bahasa Inggris dapat menggunakan bahan ajar tersebut karena sesuai dengan Kurikulum RSBI sedangkan bagi pengembang diharapkan mampu mengembangkan materi lintas kurikulum dengan topik bernuansa sains dan teknologi (fisika atau kimia).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58492 |
Actions (login required)
View Item |