Andyani, Hanna (2011) Using fun activities to improve listening skill of the ninth grade students at MTsN Mojokerto / Hanna Andyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Fachrurrazy MA. Ph.D. (II) Dr. Arwijati Wahjudi Dip. TESL. M.Pd. Kata Kunci Tic Tac Toe Game Running Dictation Game Whispering Game Ketrampilan Menyimak. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di MTsN Mojokerto ada tiga masalah sehubungan dengan pengajaran menyimak khususnya bagi murid-murid kelas III 1) kebanyakan nilai pelajaran menyimak murid murid masih dibawah KKM yaitu 60 2) kebanyakan dari murid-murid sangat tidak antusias dengan pelajaran menyimak 3) sangat sulit bagi murid-murid untuk memahami pembicaraan native ditape. Masalah-masalah tersebut disebabkan oleh dua factor 1) guru-guru kurang kreatif dalam menggunakan bahan menyimak yang telah tersedia 2) guru-guru kurang bervariasi dalam mengajar menyimak. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Adapun subyek dari penelitian ini adalah murid-murid kelas III MTsN Mojokerto. Instrumen penelitian ini adalah tes menyimak checklist pengamatan dan kuesioner. Kriteria kesuksesan tercapai jika 55% murid mendapatkan nilai lebih dari 60 dan 75% murid memiliki respon yang positif terhadap penerapan game. Dengan penerapan game kriteria kesuksesan tercapai pada siklus kedua. 74% total murid yang memperoleh nilai lebih dari 60 dan 90% siswa memiliki respon yang positif terhadap penerapan game. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa prosedur dari game yang efektif adalah sebagai berikut Tic Tac Toe Game (1) menunjukkan gambar dan memberikan pertanyaan sehubungan dengan gambar tersebut (2) menuliskan beberapa kata (kosakata) yang berhubungan dengan topic di papan tulis dan guru membacanya kemudian meminta murid-murid untuk mengulangnya (3) memberitahukan ke murid-murid tentang bagaimana memainkan permainan Tic Tac Toe dan juga aturan-aturan mainnya (4) membagi kelas menjadi 2 tim A dan B dan menggambar kotak di papan tulis yang terdiri dari 9 kotak didalamnya (5) masing-masing murid dalam tiap tim memilih nomor dari kotak tersebut kelompok A seharusnya menjawab pertanyaannya jika menjawab dengan benar maka akan ditulis A dikotak tersebut tetapi jika menjawab salah dan kelompok B menjawab dengan benar maka akan ditulis B dikotak tersebut ketika kedua murid dari masing-masing kelompok maju kedepan maka murid-murid yang lainnya menuliskan bahan-bahan dari teks prosedur yang mereka dengarkan. Running Dictation Game (6) menunjukkan gambar dan memberikan pertanyaan sehubungan dengan gambar tersebut (7) menuliskan beberapa kata (kosakata) yang berhubungan dengan topic di papan tulis dan guru membacanya kemudian meminta murid-murid untuk mengulangnya (8) memberitahukan ke murid-murid tentang bagaimana memainkan permainan Running Dictation Game dan juga aturan-aturan mainnya (9) menyiapkan beberapa kalimat pendek dan tuliskan masing-masing dikertas kemudian tempelkan masing-masing kertas tersebut di pohon (10) bagilah murid-murid menjadi beberapa kelompok dan masing-masing murid ditiap kelompok membentuk suatu barisan (11) murid 1 dimasing-masing kelompok lari ke pohon 1 membaca kalimatnya mengingatnya dan berlari kembali ke kelompoknya dan mendiktekan kalimat yang diingat ke murid 2 murid 2 mendengarkan dengan hati-hati dan menuliskannya di kertas setelah itu murid 1 mengambil posisi di belakang murid 5 (12) setelah selesai menulis dikertas murid 2 menyerahkan kertasnya kepada murid 3 kemudian murid 2 lari ke pohon kedua dan seterusnya mainkan permainan ini sampai semua kelompok telah menuliskan keseluruhan kalimatnya. Whispering Game (14) menunjukkan gambar dan memberikan pertanyaan sehubungan dengan gambar tersebut (14) menuliskan beberapa kata (kosakata) yang berhubungan dengan topic di papan tulis dan guru membacanya kemudian meminta murid-murid untuk mengulangnya (15) memberitahukan ke murid-murid tentang bagaimana memainkan permainan Whispering Game dan juga aturan-aturan mainnya (16) menyiapkan beberapa kalimat pendek dan tuliskan dikertas kemudian digandakan sesuai dengan jumlah kelompoknya (17) bagilah murid-murid menjadi beberapa kelompok masing-masing kelompok harus memilih seorang murid sebagai penulis yang tugasnya menuliskan kalimat-kalimat yang didengarnya dan juga seorang pelari setelah itu semua murid dalam setiap kelompok harus membentuk garis (18) murid 1 masing-masing kelompok (pelari) membaca kalimat 1 mengingatnya meletakkan kertasnya lari ke kelompoknya dan membisikkan kalimat yang diingat kepada murid 2 dan murid 2 mendengarkan dengan seksama mengingatnya dan membisikkan ke murid 3 dan seterusnya murid yang terakhir (penulis) mendengarkan mengingatnya dan menuliskannya dikertas mainkan permainan ini sampai semua kelompok menulis semua kalimat yang ada. Berdasarkan penemuan penelitian ini 1) para guru bahasa inggris disarankan untuk mengaplikasikan game-game ini dalam pengajaran menyimak mereka untuk meningkatkan ketrampilan menyimak murid-murid mereka 2) kepala sekolah dapat menyediakan fasilitas-fasilitas sehubungan dengan penerapan game ini 3) peneliti lain disarankan untuk menyiapkan perencanaan yang matang sebelum melakukan penelitian yang hampir sama agar pengaplikasian game ini dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58491 |
Actions (login required)
View Item |