Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Aburoiham Albiruni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Aburoiham Albiruni

Albiruni, Aburoiham (2014) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Aburoiham Albiruni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aburroiham.AAB. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Penelitian Tindakan Kelas Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra sekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing(1)Drs. M. ImronRosyadiSY S.Pd M.Pd dan Pembimbing (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Model Mind Mapping Aktivitas Hasil belajar IPS 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapp di kelas IV SDNTunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan mengetahui apakah penerapanmodel pembelajaran Mind Mappdapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDNTunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) . Data penelitian ini berupa proses pembelajaran kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tunggulwulung 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pedoman penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pedoman penilaian aktifitas siswa dan soal tes. 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran mind mapping serta peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada data persentase persiklus yang meliputi (1) aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 70.1% terjadi peningkatan di siklus 2 sebesar 84.7% (2) hasil belajar siswa dengan prosentase ketuntasan pada siklus 1 sebesar 64.5 % meningkat pada kegiatan siklus 2 sebesar 81.8% . 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar supaya (1) siswa lebih aktif dan kreatif saat melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran mind mapping (2) Bagi Guru Kelas IV agar lebih inovatif dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model Mind Mapping untuk membangun kreativitas kebersamaan anak dalam bentuk tugas-tugas mandiri untuk menghindari kejenuhan dan lebih menyenangkan terhadap kegiatan pembelajaran di kelas khusus nya mata pelajaran IPS. (3) hendaknya kepala sekolah memberikan bekal mengenai model-model pembelajaran yang terbaru dan lebih inovatif kepada guru-guru dengan cara menugaskan guru untuk mengikuti kegiatan seminar ataupun penataran (4) untuk peneliti selanjutnya hendaknya memaksimalkan waktu pertemuan ketika melakukan penelitian tentang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping Kata Kunci Model Mind Mapping Aktivitas Hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item