Improving students reading comprehension of expository texts through the question-answer relationship (QAR) strategy / Leonardus Par - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving students reading comprehension of expository texts through the question-answer relationship (QAR) strategy / Leonardus Par

Par, Leonardus (2011) Improving students reading comprehension of expository texts through the question-answer relationship (QAR) strategy / Leonardus Par. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program StudiPendidikanBahasaInggris Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Monica D. D. Oka M.A. (II) Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata-kata kunci StrategiQuestion-Answer Relationship teksekspositori membacapemahaman. PenelitianinimerupakansebuahpenelitiantindakankelasdalammatakuliahReading IIpadamahasiswa semester II Program StudiPendidikanBahasaInggris STKIP Santu Paulus Ruteng Flores NTT.Kenyataanmenunjukanbahwamahasiswa semester II PendidikanBahasaInggrismengalamikesulitandalammemahamibacaanbahasaInggrisdalamkegiatanmembaca khususnyadalammenentukantopik ide utama dan ide-ide pendukungdarisebuahteksbacaan.PenelitianinibertujuanuntukmengatasimasalahmembacamahasiswadanuntukmeningkatkankemampuanmembacamerekadalamteksekspositoribahasaInggrisdenganmenggunakanstrategiQuestion-Answer Relationship (QAR). DesainpenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelaskarenabertujuanuntukmengatasimasalahmembacamahasiswadanuntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamanmahasiswadenganmenerapkanstrategiQAR.Berdasarkanmodifikasi model penelitiantindakankelas yang dikemukakanolehKemmis and McTaggart langkah-langkahpenelitiandilaksanakansebagaiberikut melakukanpenelitianawal menyusunperencanaan melaksanakantindakan danmelakukanrefleksi. DalammengimplementasikanstrategimembacaQuestion-Answer Relationship pertama-tama penelitimenjelaskanhakikatstrategiQuestion-Answer RelationshipdanmenerapkanstrategidalammemahamiteksbacaanekspositoridalambahasaInggriskepadamahasiswadenganmelakukanpemodelan. Setelahpemodelan mahasiswadimintauntukmenerapkanstrategiQuestion-Answer RelationshipdalammembacadanmemahamibacaanteksekspositoribahasaInggrisdalamkelompokdenganmenjawabpertanyaan-pertanyaanyangdiajukanoleh guru-peneliti.Pertanyaan-pertanyaandimaksudmerupakanrangkaianpertanyaanberdasarkanhubunganpertanyaandanjawabandalamstrategiQAR yang terdiriatasempatjenispertanyaansepertipertanyaantipeRight There Think and Search Author and You dan On My Own.DalamkategoripertanyaanRight Theremahasiswadibimbinguntukmenemukanjawabanpertanyaanlangsungdidalamteks.KategoriberikutnyaadalahThink and Searchdimanamahasiswadituntutuntukberpikirbagaimana ide-ide dalamteksberhubungansatusama lain danmenemukan ide-ide dimaksud di seluruhbagianteksuntukmendapatkaninformasi yang dibutuhkan. SementarakategoripertanyaanAuthor and Youmenuntutmahasiswauntukmemahami ide penulis di dalamteksdanmenghubungkannyadenganpengetahuanatauinformasi yang sudahmerekamiliki. KategoriterakhiradalahOn My Owndimanadalammenjawabpertanyaan mahasiswasamasekalitidakperlumembacatekstetapimerekaharusmampumembuatkalimatsendiriberdasarkan ide merekasendiri. HasilpenelitianmengindikasikanbahwastrategiQARtelahberhasilmeningkatkankemampuanmembacamahasiswa.Hal initercermindalamhasiltessetelahmengimplementasikanstrategi QAR dalampembelajaranmembacayaitu 79.69.Hal inimenunjukkanbahwastrategi QAR sangatmembantumahasiswadalammemahamibacaanekspositoridalambahasaInggris khususnyadalammenemukantopik idea utama dan ide-ide pendukungdarisebuahteks danstrategi QAR sangatefektifmemecahkanmasalahpemahamanbacaanteksbahasaInggrismereka.Penelitianinidikatakanberhasilkarenakriteriakeberhasilan yang telahditetapkansebagaisyaratuntukberhasilnyatindakantelahtercapaidanhalitudapatdilihatmelaluiperbandingannilai rata-rata padapenelitianawalyaitu 58.34 kriteriakeberhasilan 70.00 dannilai rata-rata setelahtes 79.69.Tambahanlagi keberhasilanpenelitianjugadidukungolehkeaktifanmahasiswaselama proses pembelajarandanpandangan yang positifdarimahasiswatentangbetapasangatmembantunyastrategi QAR dalam meningkatkan kemampuanmembacamereka.Dengandemikian dapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategi QAR dalampembelajaranmembacapemahamansangatefektifmengatasimasalahmembacamahasiswadalammenemukantopik ide utama dan ide-ide pendukungdarisebuahteksekspositoribahasaInggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58488

Actions (login required)

View Item View Item