Meisani, Diah Royani (2011) The implementation of writer's workshop approach to improve mechanical writing skills of the third semester english education students at IKIP Utomo Malang / Diah Royani Meisani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Key Words Tanda Baca Lokakarya Penulis. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya masalah yang dihadapi oleh mahasiswa pendidikan bahasa inggris di IKIP Budi Utomo Malang menyangkut penggunaan tanda baca yang benar dalam menulis. Masalah tersebut meliputi penggunaan tanda petik untuk menyatakan bentuk jamak tidak kurang koma kelebihan dan kesalahan penempatan tanda baca. Berkenaan dengan masalah tersebut lokakarya penulis diaplikasikan untuk mengatasinya. Lokakarya penulis merupakan suatu pendekatan dalam mengajar menulis yang terdiri dari tiga langkah pelajaran singkat (mini-lesson) menulis mandiri (independent writing) dan tukar pendapat dan tukar karya (sharing). Sehingga rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana menerapkan pendekatan lokakarya penulis yang dapat meningkatkan kemampuan mekanik siswa semester tiga pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Budi Utomo Malang dalam menulis berkaitan dengan penggunaan tanda baca yang benar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran menulis melalui pendekatan lokakarya penulis dan mencaritahu bagaimana menerapkan pendekatan lokakarya penulis yang dapat meningkatkan kemampuan mekanik siswa semester tiga pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Budi Utomo Malang dalam menulis berkaitan dengan penggunaan tanda baca yang benar. Lokakarya penulis dipilih menjadi strategi dalam penelitian ini karena berdasarkan Calkins (2006) melalui pendekatan lokakarya murid-murid dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka karena adanya banyak waktu dan keleluasaan untuk menulis tentang apa dan bagaimana cara mereka menuliskannya. Terlebih lagi peran guru lebih banyak sebagai pembimbing pengarah dan fasilitator. Komunitas kelas menjadi masyarakat belajar dimana siswa berkesempatan melakukan sharing dan publikasi terhadap produk tulisan mereka. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Budi Utomo Malang yang mengambil mata kuliah Writing II. Merekla terdiri dari 28 mahasiswa. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang dilakukan berdasarkan prosedur penelitian tindaka kelas yaitu perencanaan implementasi observasi dan refleksi. Tiap siklus membutuhkan tiga pertemuan. Data-data yang ada dalam penelitian ini diperoleh melalui tabel observasi tes mekanik catatan lapangan dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan lokakarya penulis berhasil mencapai tujuan setelah adanya revisi dan modifikasi yang dilakukan pada siklus 2. Revisi dan modifikasi tersebut meliputi perubahan format langkah lokarkarya yaitu menjadi pelajaran singkat (mini-lesson) tukar pendapat (sharing) dan menulis mandiri (independent writing). Format ini berbeda dengan format yang dilakukan pada siklus 1 berdasarkan format asli menurut Calkins (2006). Ada beberapa kelebihan pada penerapan lokakarya penulis pada siklus 2 yaitu keikutsertaan siswa secara aktif dalam mengikuti pelajaran singkat (mini-lesson) mengerjakan latihan secara berpasangan dan melakukan diskusi kelompok. Secara tidak langsung keikutsertaan siswa secara aktif dalam kegiatan tersebut sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca yang benar dalam menulis. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan prosentase siswa yang mendapat nilai rata-rata dan di atas rata-rata bahwa di siklus 1 hanya 24% siswa namun pada siklus 2 prosentase itu bertambah menjadi 86%. Selain itu hasil kuisioner juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju bahwa kegiatan berkelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa melalui diskusi dan kegiatan berkelompok yang secara tidak langsung dapat meningkat pemahaman dan pengetahuan satu sama lain. Mereka juga setuju bahwa setelah lokakarya penulis diaplikasikan di kelas menulis kemampuan mekanik siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian diatas saran-saran berikut dibuat pertama para guru Bahasa Inggris disarankan untuk mengaplikasikan pendekatan lokakarya penulis dalam pelajaran menulis dengan format sebagai berikut pelajaran singkat (mini-lesson) tukar pendapat (sharing) dan menulis mandiri (independent writing) karena format ini terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan kelas yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan mekanik mereka yaitu menggunakan tanda baca yang benar dalam menulis kedua ian dengan menggunakan lokakarya penulis dengan adanya perbaikan dan atau modifikasi mengingat adanya keterbatasan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |