Improving the ability of English Department students of Kanjuruhan University Malang in writing descriptive essays through premora (pre-writing-monitored reading-activities) / Aliv Faizal Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the ability of English Department students of Kanjuruhan University Malang in writing descriptive essays through premora (pre-writing-monitored reading-activities) / Aliv Faizal Muhammad

Muhammad, Aliv Faizal (2010) Improving the ability of English Department students of Kanjuruhan University Malang in writing descriptive essays through premora (pre-writing-monitored reading-activities) / Aliv Faizal Muhammad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menulis PREMORA Berdasarkan temuan temuan di preliminary study kualitas isi dari karangan deskriptif mahasiswa pendidikan bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang belumlah mencukupi. Diidentifikasikan bahwa penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan siswa akan topik yang dideskripsikan. Kurangnya pengetahuan tersebut kemungkinan bisa diatasi dengan menghadapkan siswa pada banyak kegiatan membaca. Peneliti berencana mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan strategy berdasarkan logika hubungan membaca dan menulis yaitu PREMORA (Pre-writing Monitored Reading-Activities) guna meningkatkan kualitas isi karangan deskriptif siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas sebagai rekan dalam menyusun rencana pembelajaran menerapkan pengajaran mengamati pengajaran dan melakukan refleksi. Pembelajaran ini diterapkan dalam satu siklus. Siklus tersebut terdiri atas tiga pertemuan. Pertemuan pertama ditekankan pada kegiatan pre-writing pertemuan kedua dikhususkan untuk kegiatan drafting dan revising dan pertemuan ketiga digunakan untuk kegiatan editing dan publishing. Subyek penelitian ini adalah 32 mahasiswa pendidikan bahasa inggris Universitas Kanjuruhan Malang semester empat. Datanya diambil menggunakan observation checklists field notes dan dari nilai akhir karangan deskriptif siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PREMORA mampu meningkatkan kualitas isi karangan deskriptif siswa. Di preliminary study 56.25% siswa mendapatkan nilai POOR pada kualitas isi karangan deskriptif mereka. Diharapkan setelah penerapan PREMORA minimal 60% siswa mendapatkan nilai FAIR pada kualitas isi. Setelah penerapan PREMORA didapati jumlah siswa yang mendapatkan nilai FAIR mencapai 78.12% siswa berdasakan penilai 1 dan 68.75% menurut penilai 2. Nilai dari kedua penilai telah mencapai nilai yang ditargetkan yaitu minimal 60% siswa mencapai nilai FAIR. Untuk membuktikan objektifitas penilaian kedua penilai digunakanlah reabilitas inter rater menggunakan Pearson Product Moment. Didapatkan bahwa tingkat realibilitasnya adalah 0.803873 yang disederhanakan menjadi 804. Nilai reliabilitas ini tergolong tinggi (Djiwandono 2008). Dengan kata lain PREMORA berhasil meningkatkan kualitas isi karangan deskriptif siswa. Dari ke17 langkah pendekatan process writing dalam penelitian ini PREMORA terdapat di langkah ke empat hingga ke sebelas. Langkah-tersebut adalah (4) memperkenalkan PREMORA kepada siswa berikut menjelaskan tujuan menggunakan PREMORA (5) menunjukkan siswa bagaimana menggunakan PREMORA termasuk bagaimana bekerja dengan PREMORA form (6) menentukan topik untuk dibuat karangan deskriptif bagi siswa (7) membagikan PREMORA form kepada siswa (8) meminta siswa mencari informasi terkait dengan topik untuk dibaca (9) memerintakan siswa untuk membaca bacaan terkait dengan topik (10) meminta siswa mengisi PREMORA formnya (11) meminta siswa menulis karangan awal sesuai informasi yang mereka dapatkan dari bacaan yang sudah mereka catat di PREMORA form. Catatan dalam PREMORA form itu membantu mereka memperkaya informasi yang mereka tulis di karangan deskriptif mereka. Pengajar menulis bahasa inggris disarankan menggunakan PREMORA guna meningkatkan kualitas isi karangan deskriptif siswa. Peneliti berikutnya disilahkan menggunakan PREMORA guna meningkatkan kemampuan menulis siswa pada jenis karangan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58477

Actions (login required)

View Item View Item