Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari / Mutholliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari / Mutholliah

Mutholliah (2014) Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari / Mutholliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutholliah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari. Skripsi. Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si (2) Hj. Murtiningsih S.Pd M.Pd Kata Kunci model pembelajaran Inside Outside Circle IPS SD aktivitas belajar hasil belajar Pembelajaran IPS dengan metode ceramah menjadikan pembelajaran berkesan verbalisme dan monoton. Karena kegiatan siswa hanya melihat mendengar dan mencatat karena itu rata-rata nilai yang dicapai siswa masih dibawah kriteria yang ditetapkan di sekolah yaitu 64 3 maka dalam penelitian ini mencoba menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle untuk mengatasi permasalahan tersebut. 12288 12288 12288 12288 Dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dalam pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tentang materi koperasi dan kesejahteraan rakyat dan siswa memiliki ketrampilan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Inside Outside Circle materi koperasi dan kesejahteraan rakyat kelas IV semester II (2) peningkatan aktivitas siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Banjararum 02 Singosari yang berjumlah 30 anak. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pedoman wawancara lembar test dan dokumentasi. Untuk test yang diberikan pada siswa sebelumnya dilakukan pre test dengan rata-rata 64 3. Nilai ini masih jauh di bawah standar minimal ketuntasan kelas yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Banjararum 02. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 48 49% meningkat 29 08% pada siklus II menjadi 77 57%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan sebesar 64 3 meningkat 8 7 pada siklus I menjadi 73 dan meningkat 7 83 pada siklus II menjadi 80 83. Kemampuan guru dalam mengajar sudah sesuai dengan RPP dan mengalami peningkatan sebesar 11 16% dari siklus I dengan rata-rata 80 355% menjadi 91 515% di siklus II. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran ini karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5846

Actions (login required)

View Item View Item