Kwadarkwasir, Salma (2014) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan melengkapi cerita di kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Salma Kwadarkwasir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kwadarkwasir Salma. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Melengkapi Cerita di Kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dr. Rochani Kata Kunci menulis Narasi dengan melengkapi cerita sekolah dasar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Kauman 01 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis di kelas V. Permasalahan tersebut antara lain (1) sebagian besar siswa belum bisa menulis karangan (2) sebagian besar siswa juga belum bisa menulis narasi dengan melengkapi cerita.Untuk itu perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis narasi dengan melengkapi cerita. Dan mendeskripsikan peningkatan meningkatkan keterampilan menulis. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian menggunakan rancanagan yaitu tahap pelaksanaan meliputi perencanaan tindakan (Planning) pelaksanaan tindakan (Action) Pengamatan (Observation) Penelitian dilaksanakan di SDN Kauman 01 Kota blitar pada siswa kelas V. Data dan sumber data diambil dari seluruh aktifitas pembelajaran siswa aspek yang dinilai dan hasil pembelajaran siswa. Adapun pengumpulan data diambil dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini melalui tahapan pra tindakan siklus I dan dilanjutkan Pelaksanaan siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar dengan melengkapi cerita. Peningkatan keterampilan menulis narasi menjadi lebih baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan rata-rata prestasi belajar peserta didik secara individu pada pra tindakan yaitu 35 % meningkat menjadi 78 % pada siklus I kemudian dari siklus I yaitu 78 % meningkat menjadi 95% pada siklus II sehingga ada 5 peserta didik yang tuntas pada pra tindakan ada 9 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I dan 1 peserta didik yang tidak tuntas pada siklus II 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasrkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru agar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam menulis narasi dan melengkapi cerita dengan sunguh-sunguh dapat menerapkan melengkapi cerita demi meningkatkan mutu pendidikan dan pola berfikir siswa. Dan bagi peneliti lain agar menggunakan cara pembelajaran dengan melengkapi cerita dalam penelitiannya tentang pembelajaran menulis khususnya menulis narasi. 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5843 |
Actions (login required)
View Item |