Using the pqrst strategy to improve the pirst quarter students' reading comprehension at DCC (Language Academy) Lampung / Novi Syefriwanti WN - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the pqrst strategy to improve the pirst quarter students' reading comprehension at DCC (Language Academy) Lampung / Novi Syefriwanti WN

Syefriwanti WN, Novi (2009) Using the pqrst strategy to improve the pirst quarter students' reading comprehension at DCC (Language Academy) Lampung / Novi Syefriwanti WN. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudin Uyuh. 2008. Materi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Untuk Siswa Kelas Satu Madrasah Tsanawiyah Negeri Salawu Tasikmalaya. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (II) Dr. Yazid Basthomi M.A. Kata Kunci pengembangan materi pembelajaran prosedur pengembangan. Pengajaran Bahasa Inggris pada sekolah Madrasah Tsanawiyah termassuk mata pelajaran wajib. Oleh karenanya masalah-masalah yang bisa mengakibatkan ketidakefektifan proses pembelajaran Basaha Inggris harus mendapatkan perhatian. Sementara itu masalah dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris pada sekolah MTs Negeri Salawu adalah kurang tersedianya bahan ajar untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Disampaing itu materi pembelajaran yang tersedia tidak dilengkapai dengan materi pendukung seperti buku panduan guru and buku kerja siswa. Berkenaan dengan kondisi tersebut di atas maka masalah yang harus segera mendapatkan pemecahannya adalah ketersediaan materi pembelajaran. Untuk masalah tersebut solusi yang dianggap paling tepat adalah pengembangan materi pembelajaran. Mengingat siswa diharapkan mampu menggunakan Bahasa Inggris secara lisan sementara materi yang diperlukan untuk pembelajaran keterampilan berbicara sangat kurang oleh karenanya pengembangan ini ditujukan untuk menghasilkan produk berupa materi pembelajaran keterampilan berbicara yang dilengkapi dengan buku panduan guru dan buku kerja siswa. Materi pembelajaran ini diharapkan bisa memperkaya sumber pembelajaran khususnya pembelajaran keterampilan berbicara dan diharapkan menjadi materi pembelajaran yang mampu memfasilitasi dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara. Prosedur pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi dari prosedur pengembangan yang disarankan oleh Borg dan Gall (1983) Dick dan Carey (2001) serta Tomlinson (1998). Prosedur pengembanganya terdiri dari tahapan-tahapan dimana produk dikembangkan diujicobakan dan direvisi berdasarkan hasil uji coba. Tahapan-tahapan tersebut meliputi analisa kebutuhan pengembangan tujuan pengembangan materi validasi ahli revisi uji coba revisi dan penyelesaian produk akhir. Produk akhir dari pengembangan ini adalah buku siswa buku latihan dan buku panduan guru. Buku siswa adalah buku materi pembelajaran keterampilan berbicara bagi sisa kelas VII semester satu yang disusun dalam tahapan yang sistematis yaitu A. Dialogs B. Expression Focus C. Practice dan D. Let s Act It Out Materi pembelajarannya disusun berdasarkan fungsi-fungsi bahasa yang meliputi kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Kompetensi tahun 2006. Buku latihan adalah buku bagi siswa untuk melengkapi latihan-latihan tertulis dan buku panduan guru adalah buku pegangan guru yang memuat petunjuk-petunjuk penggunaan materi pembelajaran keterampilan berbicara. Buku panduan guru dilengkapi dengan dialog-dialog yang menjadi kunci jawaban dari latihan-latihan yang diberikan dalam buku siswa. Setelah melalui tahapan uji coba produk pengembangan ini terbukti berhasil dan cocok digunakan sebagai materi pembelajaran keterampilan berbicara khususnya bagi siswa/i kelas satu. Lembar kerja siswa terbukti membantu siswa dan membuat proses pembelajaran lebih effectif begitu pula buku panduan guru sangat membantu guru dalam mengimplementasikan proses pembelajaran. Mengingat bahwa produk pengembangan ini sesuai untuk digunakan sebagai materi pembelajaran maka diharapkan bahwa para guru memanfaatkan produk pengembangan ini sebagai materi pembelajaran keterampilan berbicara. Terutama bagi guru Bahasa Inggris pada MTs Negeri Salawu disarankan untuk menggunakan materi pembelajaran ini sebagai sumber pembelajaran dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58390

Actions (login required)

View Item View Item