Saepulmillah, Asep (2009) The use of English pop songs in the teaching of listening at MTsN Pamoyanan Tasikmalaya / Asep Saepulmillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saepulmillah Asep. 2008. The Use of English Pop Song in the Teaching of Listening at MTsN Pamoyanan Tasikmalaya. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H.M.F. Baradja MA. Ed.D. (II) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd M.A. Ph.D. Kata Kunci English pop songs listening motivation achievement. Motivasi siswa yang rendah dan prestasi menyimak yang kurang memuaskan kerapkali dikeluhkan oleh banyak guru bahasa Inggris walaupun dalam beberapa hal kedua masalah tersebut disebabkan oleh guru itu sendiri seperti sikap guru terhadap pembelajaran menyimak strategi dan teknik mengajar yang membosankan dan tidak sistematis pemberian tugas menyimak yang minimal kurang kreatif dalam memanfaatkan bahan-bahan otentik yang ada untuk pembelajaran menyimak. Oleh karena itu pembeajaran menyimak menjadi kurang populer bahkan menjadi keterampilan yang terabaikan. Prestasi siswa yang rendah di MTsN Pamoyanan tidak hanya disebabkan oleh faktor guru tetapi juga karena kesulitan siswa dalam cara memahami materi pketika mengikuti pembelajaran menyimak di kelas. Untuk memecahkan masalah tersebut dilakukanlah penelitian tidakan dengan menggunakan lagu-lagu pop berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran menyimak. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan lagu pop berbahasa Inggris dalam pembelajaran menyimak itu dapat meningkatkan keterampilan menyimak serta menumbuhkan motivasi siswa kelas tiga MTsN Pamoyanan Tasikmalaya Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi penggunaan lagu pop berbahasa Ingris dalam pembelajaran menyimak untuk meningkatkn keterampilan menyimak serta menumbuhkan motivasi siwa kelas tiga MTsN Pamoyanan Tasikmalaya. Lagu bahasa Inggris ternyata berpotensi tidak saja untuk hiburan tetapi juga untuk pendidikan dan pengajaran. Sebagai bahan otentik lagu dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar mengajar untuk menumbuhkan minat siswa belajar menyimak yang menyenangkan. Oleh karena itu dalam memilih lagu yang ideal perlu mempertimbangkan aspek pedagogis sosio-kultural psikologis and estetika. Aspek-aspek seperti tingkat kesulitan kejelasan bahasa dan popularitas sebuah lagu juga perlu diperhatikan dalam memilih lagu. Pertimbangan ini sangat penting untuk mengatasi strategi mengajar yang monoton dan menjenuhkan bagi pembelajar usia remaja. Penelitian ini dirancang dalam penelitian tindakan dengan 2 siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes field notes pedoman observasi dan questioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III semester ganjil tahun pembeljaran 2007/2008 Madrsah Tsanawiyah negeri (MTsN) Pamoyanan Tasikmalaya. Pembelajaran menyimak menggunakan media lagu pop berbahasa Inggris dilakukan dalam 3 tahapan pembelajaran yakni pra menyimak (pre-listening) selama menyimak (whilst-listening) and pasca menyimak (post-listening). Kegiatan yang dilakukan sebelum menyimak (pre-listening) terdiri dari a) menunjukan gambar yang berhubungan dengan topic b) brainstorming dan diskusi tentang topik c) memprediksi topik yang akan dipelajari d) mengenalkan kata kunci dalam teks menyimak. Kegiatan selama menyimak (whilst-listening) terdiri dari a) mengidentifikasi kata yang benar b) melengkapi teks rumpang c) melengkapi sebagian bait lagu d) menyusun bait atau lirik e) dikte f) pemetaan dan g) menjawab pertanyaan pemahaman (Benar-Salah dan Pilhan Ganda). .Kegiatan setelah menyimak (post-listening) terdiri dari a) menelusuri arti kosa kata b) mempelajari struktur tata bahasa dan fungsi bahasa c) mengubah lagu dengan versi lain dan bernyanyi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar mengajar yang dilakukan melalui 3 tahapan pembelajaran menyimak dengan menggunakan lagu pop berbahasa Inggris berjalan dengan baik serta berdampak positif terhadap kualitas proses belajar-mengajar. Terbukti aktivitas tersebut dapat mendorong siswa belajar aktif baik secara individu maupun kelompok menciptakan suasana belajar yan menyenangkan serta menumbuhkan kepercayaan diri. Demikin pula hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran menyimak dengan mengunakan lagu pop berbahasa Inggris berdampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam menyimak. Data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mencapai 6.3 bertambah 0.3 poin dari kriteria sukses yang ditentukan 6.0 siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 6.0 mencapai 77% bertambah 7% dari criteria sukses yang ditentukan 70%. dan siswa yang memperoleh peningkatan nilai mencapai 77%. Mayoritas siswa memberikan sikap sangat positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu-lagu pop. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian di atas strategi dalam pembelajaran menyimak dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris dapat memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam mengidentifikasi perbedaan bunyi yang didengar menangkap kata atau kalimat dalam memori jangka pendek mengenal arti kata dan memahami informasi dari teks menyimak. Strategi ini juga meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58385 |
Actions (login required)
View Item |