Developing speaking materials for the studens of mechanical engineering at state polytechnic of Malang / Achmad Sjaifullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing speaking materials for the studens of mechanical engineering at state polytechnic of Malang / Achmad Sjaifullah

Sjaifullah, Achmad (2010) Developing speaking materials for the studens of mechanical engineering at state polytechnic of Malang / Achmad Sjaifullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sjaifullah Achmad. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbicara Untuk Mahasiswa teknik Mesin Di Politeknik Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Prof. Dr. Siusana Kweldju. Kata kunci Pengembangan bahan ajar Ketrampilan berbicara Bahan ajar adalah media yang berisi informasi yang berfungsi untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang mampu mengakomodasikan semua tujuan pembelajaran yang ditetapkan sehingga melalui bahan ajar tersebut siswa memiliki kecakapan yang benar-benar selaras dengan tuntutan-tuntutan komunikasi dalam kehidupan nyata sehari-hari. Didasarkan pada Studi Kelayakan dengan cara mencari kebutuhan-kebutuhan mahasiswa teknik mesin Politeknik Negeri Malang dalam belajar bahasa Inggris ditemukan bahwa kebutuhan yang paling dominan dalam belajar Inggris yaitu dalam bentuk ketrampilan berkomunikasi lisan (speaking). Karena alasan inilah peneliti mengembangkan materi ajar mata kuliah tersebut. Lebih dari itu pengembangan bahan ajar untuk kelas speaking di jurusan teknik mesin Politeknik Negeri Malang dirasakan begitu mendesak mengingat belum tersedianya materi yang dimaksud. Sementara ini pengajaran ketrampilan berbicara sepenuhnya bergantung kepada teks book komersial yang pada kenyataannya tidak sepenuhnya mewakili kecakapan berkomunikasi dalam konteks lingkup jurusan teknik mesin. Berangkat dari latar belakang inilah maka penelitian pengembangan bahan ajar dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini secara spesifik adalah untuk mengembangkan bahan ajar di kelas speaking untuk jurusan teknik mesin Politeknik Negeri Malang. Untuk mencapai hasil akhir berupa produk bahan ajar beberapa tahapan penelitian telah dilakukan misalnya melakukan studi pendahuluan studi pustaka penelitian pengembangan dan evaluasi baik dari ahli dosen maupun siswa selaku kelompok sasaran pengguna buku yang dikembangkan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat lima aspek yang menjadi bagian dari bahan ajar ini yaitu tujuan (aim) pengaturan dan desain (organization and design) bahasa (language) topik (topic) dan latihan (exercises). (2) Buku ajar ini dianggap sangat memadai untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas speaking karena telah memenuhi seluruh kaidah yang dipersyaratkan dari lima aspek yang disebutkan di atas. Produk akhir dari penelitian ini adalah buku mahasiswa (a student book). Adapun topik-topik yang diangkat di dalam buku tersebut adalah wawancara keselamatan kerja operasi mesin alat-alat kerja perawatan masalah dengan mesin profesi dalam teknik mesin mempresentasikan sesuatu dan pemecahan masalah. iii Selain itu topik-topik terserbut juga disertai dengan latihan yang ditujukan membantu siswa untuk semakin memantapkan kemampuan berbicaranya. Buku ini dianggap sangat memadai dan dapat diterapkan karena memuat konsep-konsep dasar pengajaran ketrampilan berbicara dan latihan-latihan yang sederhana. Hasil evaluasi dari ahli pengajar dan bahkan dari siswa melalui aktifitas uji-coba (try-out) merupakan bukti nyata bagaimana aspek kesesuaian dan kemungkinan untuk diterapkan telah dipenuhi oleh buku ini. Ada beberapa saran yang bisa ditindaklanjuti oleh peneliti lain yang melakukan kajian yang serupa yaitu perlunya melakukan observasi lapangan di tempat kerja siswa. Dengan cara ini diharapkan informasi yang terdapat di dalam buku akan lebih mencerminkan istilah dan kegiatan yang nyata. Kegiatan ilmiah lainnya seperti seminar dan lokakarya lebih lanjut tentang isi buku ini akan menjadi wadah yang sangat relevan untuk kelengkapan dan penyempurnaan buku ini. Sehingga dengan demikian produk buku tersebut akan lebih valid dan teruji melalui masukan dan penilaian dari pihak-pihak lain yang ahli dan berpengalaman khususnya dalam bidang penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58381

Actions (login required)

View Item View Item