Peningkatan hasil belajar IPS melalui model picture and picture bagi siswa kelas IV SDN Turi II Kota Blitar / Jakobus Bruno Rumlus - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model picture and picture bagi siswa kelas IV SDN Turi II Kota Blitar / Jakobus Bruno Rumlus

Rumlus, Jakobus Bruno (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model picture and picture bagi siswa kelas IV SDN Turi II Kota Blitar / Jakobus Bruno Rumlus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembelajaran IPS model picture and picture Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Turi II Kota Blitar yang masih rendah. Karena proses pembelajaran guru sangat tergantung pada penggunaan buku paket terpusat pada guru disamping itu keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran juga masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dari sikap siswa yang pasif kurang bersemangat karena siswa hanya duduk dengar dan catat sehingga timbul kejenuhan pada siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Dari 37 siswa yang mencapai ketuntasan 18 siswa (49%) yang belum tuntas 19 siswa (51%) dari jumlah 37 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture dalam peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi kelas IV SDN Turi II Kota Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi kelas IV SDN Turi II Kota Blitar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Turi II Kota Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi 1) tes 2) observasi dan 3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan model picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada pratindakan adalah 62% dan peningkatan pada siklus I menjadi 70%.dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82% dari pra tindakan hasil belajar siswa yang tuntas 18 dan yang belum tuntas 19 dari 37 siswa siklus I dari 37 siswa yang tuntas 29 yang belum tuntas 8 siswa siklus II dari 37 siswa yang tuntas 34 yang belum tuntas 3 siswa. Kesimpulan bahwa model pembelajaran picture and picture bila dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item