Improving the eighth-grade studens' reading skill at MTs Negeri Manado through the jigsaw technique / Lily Korniaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the eighth-grade studens' reading skill at MTs Negeri Manado through the jigsaw technique / Lily Korniaty

Korniaty, Lily (2009) Improving the eighth-grade studens' reading skill at MTs Negeri Manado through the jigsaw technique / Lily Korniaty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di MTs Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dimana peneliti dan guru bekerja sama dalam melaksanakan penelitian ini. Peneliti berperan sebagai guru sedangkan guru bahasa Inggris menjadi kolaborator peneliti untuk mengobservasi pelaksanaan teknik jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur penelitian ini mencakup empat tahap utama yaitu perencanaan tindakan implementasi tindakan observasi dan refleksi. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa instrumen seperti format observasi catatan lapangan dan nilai membaca siswa. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas dua MTs Negeri Manado pada tahun ajaran 2007/2008. Semua siswa merupakan subyek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur yang tepat untuk menerapkan teknik jigsaw dalam pembelajaran membaca pemahaman dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) membentuk kelompok jigsaw. (2) mengarahkan siswa kepada topik bacaan dengan memberikan beberapa pertanyaan dan/atau menunjukkan gambar. (3) menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran. (4) menyuruh siswa menebak kata-kata yang terdapat di dalam teks. (5) membacakan teks dengan jelas keras dan perlahan dan menyuruh beberapa siswa membaca ulang teks. (6) mendiskusikan isi dari teks dengan menanyakan ide utama dari setiap paragraf. (7) Memberikan model kepada siswa dalam meneukan informasi yang literal dan inferensial dalam teks. (8) membimbing siswa untuk menemukan jawaban atas pertanyaan literal dan inferensial. (9) membagi lembar kerja ahli kepada setiap siswa. (10) membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil ahli. (11) menyuruh siswa mendiskusikan jawaban dan mencatat hal-hal penting dalam teks. (12) menyuruh siswa mempresentasikan hasil diskusi yang diperoleh dalam kelompok ahli kepada semua anggota kelompok. (13) memeriksa jawaban kelompok dengan menggunakan kompetisi grup. (14) menulis jawaban yang benar di papan tulis. (15) meminta siswa menyimpulkan pelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan teknik jigsaw dalam pembelajaran membaca pemahaman efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan yang dimaksud ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari nilai awal 41.88 menjadi 61.67 pada siklus 1 67.19 pada siklus 2 dan 76.22 pada siklus 3.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58379

Actions (login required)

View Item View Item