Developing language games for teaching speaking to the first year students of MTs Miftahul Huda Kepung Kediri / Eko Wahyudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing language games for teaching speaking to the first year students of MTs Miftahul Huda Kepung Kediri / Eko Wahyudin

Wahyudin, Eko (2009) Developing language games for teaching speaking to the first year students of MTs Miftahul Huda Kepung Kediri / Eko Wahyudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan survey kebutuhan ketrampilan berbicara tidak pernah diajarkan di kelas satu MTs Miftahul Huda Kepung Kediri dan aktifitas pembelajaran monoton dan membosankan. Guru tidak pernah berbicara bahasa Inggris.Tidak mengherankan para murid enggan untuk berbicara bahasa Inggris karena menurut mereka Bahasa Inggris merupakan satu diantara pelajaran yang mereka takuti. Mereka tidak percaya diri untuk berbicara nyaring. Mereka mengatakan bahwa mereka harus menghafal tenses dan beberapa kosa kata baru di setiap pertemuan tetapi mereka tidak pernah mempraktikkan bagaimana melafalkan kosa kata baru tersebut. Alasan dari hal tersebut menurut guru permainan-permainan bahasa yang sesuai dengan Standar Isi 2006 dan kemampuan murid tidak tersedia. Oleh karena itu permainan-permainan berbicara yang menarik perlu dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (R D) ini melibatkan murid kelas satu guru bahasa Inggris di madrasah tersebut dan satu ahli pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini mengembangkan permainan bahasa untuk mengajar berbicara murid kelas 1 MTs Miftahul Huda Kepung Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan bahasa untuk mengajar berbicara murid kelas 1. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah survei kebutuhan pengembangan materi validasi ahli dan guru revisi uji coba dan produk akhir. Instrumen yang digunakan pada survei kebutuhan adalah angket pedoman wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dari murid dihitung memakai prosentase sedangkan data dari guru dideskripsikan secara kualitatif. Data dari survei kebutuhan dipakai sebagai dasar pengembangan materi. Format validasi digunakan untuk memperoleh penilaian ahli dan guru terhadap materi. Ahli memvalidasi materi dalam hal bahasa isi dan pendeskripsian sedangkan guru memvalidasi materi dalam hal kesesuaian dengan kurikulum. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan efektifitas daya tarik dan tingkat kesulitan materi. Subjek coba adalah murid kelas satu. Sepuluh murid dipilih dari kelas 1 sebagai sampel dengan cara simple random sampling. Data yang diperoleh dari guru dan observasi yang berhubungan dengan kepraktisan dan efektifitas materi dipaparkan secara kualitatif dan deskriptif. Data dari murid yang berhubungan dengan daya tarik dianalisa secara kuantitatif dengan prosentase. Bentuk draf adalah buku petunjuk guru berisikan 28 permainan. Permainan-permainan tersebut meliputi (1) Handshakes (2) My Name s X What about You (3) I m X and I m from Z (4) A E I O U (5) Alphabet Game (6) Crazy Counting (7) Guessing (8) Mime Game (9) Fun Activities (10) Interviews (11) Not Me (12) The Mystery Present (13) Whispering Game (14) Where Would You Most Likely Find (15) What s the Time (16) Home Sweet Home (17) Survey What s Your Favorite (Mr. X) (18) What s Most Important (19) What Comes to Your Mind (20) Total Points (21) Find Someone Who (22) How Much (23) Fire (24) Memorable Categories (25) Do You See My Watch (26) Magic Circle (27) Chute Board Game and (28) What s Next Evaluasi ahli menunjukkan bahwa bahasa isi dan pendeskripsian dapat diterima. Namun revisi harus dilakukan dalam hal pendiskripsian dan hubungan permainan bahasa dengan konteks murid. Dalam hal ini prosedur yang terlalu panjang diperpendek agar dapat membantu murid mempraktikkan permainan dengan mudah. Selanjutnya permainan-permainan berbicara yang tidak sesuai dengan konteks murid diubah dengan yang sesuai dengan pengalaman murid dan photocopiable handouts juga diperbaiki sedemikian rupa agar lebih jelas bagi guru. Penilaian guru menunjukkan bahwa materi sesuai dengan kurikulum. Tetapi guru yang bersangkutan menyarankan 20 permainan cukup untuk murid kelas 1 MTs. Permainan-permainan tersebut adalah unit 1 2 3 4 5 6 7 9 10 11 12 13 15 16 17 23 25 26 27 and 28. Sedangkan delapan unit yang lain dapat dikembangkan untuk kelas 2 dan 3 murid MTs Miftahul Huda Kepung Kediri. Selanjutnya perbaikan dilakukan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 20 unit permainan tersebut sesuai untuk murid-murid kelas satu. . Produk akhir berupa buku panduan guru berisikan arahan tentang bagaimana mengajar berbicara dengan menggunakan permainan bahasa. Permainan-permainan tersebut terdiri dari 7 permainan pembuka dan 13 permainan penguat. Permainan-permainan tersebut dikembangkan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs Miftahul Huda Kepung Kediri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58375

Actions (login required)

View Item View Item