Improving the listening ability of the second year students of MTs Negeri Jember I Through running dicltation game / Endang Yuana - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the listening ability of the second year students of MTs Negeri Jember I Through running dicltation game / Endang Yuana

Yuana, Endang (2009) Improving the listening ability of the second year students of MTs Negeri Jember I Through running dicltation game / Endang Yuana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari pengajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs berdasarkan standar isi tahun 2006 adalah siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi mereka dalam bentuk tulisan maupun lisan untuk mencapai tingkat literasi fungsional tertentu yang melibatkan empat ketrampilan dalam berbahasa yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa harus dapat mengembangkan empat ketrampilan bahasa yang diperlukan dalam berkomunikasi yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Sehubungan dengan pernyataan di atas pengalaman pribadi penulis sebagai guru bahasa Inggris di MTs Negeri Jember I menunjukkan bahwa salah satu ketrampilan bahasa mendengarkan tidak diberikan perhatian yang cukup guru hanya menekankan pada satu ketrampilan bahasa yaitu membaca. Siswa juga berpendapat bahwa jika mereka mendapatkan pelajaran mendengarkan mereka akan menghadapi sebuah ujian mendengarkan. Itu berari bahwa secara psikologis siswa merasa takut pada pelajaran mendengarkan. Sebagai dampak dari ini semua nilai siswa dalam aspek mendengarkan sering tidak memuaskan. Hasil yang tidak memuaskan mungkin disebabkan beberapa faktor sebagai contoh teknik yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas sebagian besar Teacher-Centered sehingga siswa merasa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini sebuah teknik pembelajaran mendengarkan Running Dictation Game diperkenalkan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Guru harus berusaha untuk membuat pelajaran lebih menarik. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan untuk proses belajar mengajar dan satu pertemuan untuk tes. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua MTs Negeri Jember I. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian meliputi observasi kuesioner catatan lapangan dan tes. Data yang diambil melalui tes dianalisis dengan menggunakan program SPSS.10. Sementara data yang dikumpulkan dari observasi kuesioner dan catatan lapangan diklasifikasi dan dideskripsikan Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor mendengarkan siswa dari skor tes awal dan kuis di setiap akhir siklus. Tes yang sama dipergunakan untuk test awal dan kuis. Skor siswa di awal test kuis pertama dan kuis kedua menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata siswa di tes awal adalah 50.89 di kuis pertama adalah 52.30 dan di kuis kedua adalah 66.66. Sedangkan di aspek literal listening comprehension nilai rata-rata siswa di awal tes adalah 42.43 di kuis pertama adalah 44.61 dan di kuis kedua adalah 50.25. Nilai rata-rata siswa di aspek inferential listening comprehension yaitu 8.97 untuk test awal 7.69 untuk kuis pertama dan 16.41 untuk kuis kedua. Setelah peneliti menganalisa nilai siswa dengan menggunakan program SPSS 10 diketahui bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa adalah signifikan. Dengan demikian target pengetrapan strategi Running Dictation Game dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan telah tercapai. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa (1) penerapan teknik Running Dictation Game dalam mengajar mendengarkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan (2) penerapan teknik Running Dictation Game dalam mengajar mendengarkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam literal listening comprehension (3) penerapan teknik Running Dictation Game dalam mengajar mendengarkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam inferential listening comprehension. Peningkatan ini dapat dibuktikan dalam nilai siswa. Disarankan kepada guru-guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik Running Dictation Game dalam mengajar mendengarkan karena teknik ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan. Juga disarankan kepada peneliti yang akan datang untuk menerapkan atau meneliti penerapan Running Dictation Game dengan lebih intensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58373

Actions (login required)

View Item View Item