Implementing process genre approach to improve the writing skill of the first-year studens of MTsN Kebumen 1 / Siti Nurcahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing process genre approach to improve the writing skill of the first-year studens of MTsN Kebumen 1 / Siti Nurcahyani

Nurcahyani, Siti (2009) Implementing process genre approach to improve the writing skill of the first-year studens of MTsN Kebumen 1 / Siti Nurcahyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan penemuan pada penelitianpendahuluan pengajaran writing di MTsN Kebumen 1 belum memfasilitasi siswa-siswa untuk menjadi terampil dalam menulis. Tulisan siswa terdapat banyak kesalahan. Oleh karena itu peneliti sangat termotivasi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Pendekatan Process Genre dalam pengajaran writing. Pendekatan ini adalah kombinasi dari pendekatan proses dan genre yang memberi siswa-siswa pelajaran hubungan antara tujuan dan bentuk teks khusus sebagaimana mereka menggunakan proses yang berulang dari prewriting drafting revision dan editing. Langkah-langkah ini meningkatkan kesadaran siswa tentang jenis teks yang berbeda dan proses mengarang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pendekatan menulis proses genre dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis paragraf prosedur Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan menggunakan pendekatan menulis proses genre untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis paragraph prosedur. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif dengan dibantu oleh seorang guru (rekan sejawat) dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu kelas yang terdiri dari empat puluh siswa yang seluruh siswanya merupakan subjek dari penelitian ini. Prosedur penelitian ni mencakup empat langkah utama perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa instrumen berupa angket daftar pengamatan catatan lapangan dan tulisan siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan proses genre dalam pengajaran writing dapat meningkatkan ketrampilan menulis siswa. Peningkatannya ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Ini dapat dilihat dari hasil masing-masing siklus. Sebelum tindakan dilaksanakan rata-rata nilai menulis siswa 6 1. Sesudah siklus pertama dilaksanakan rata-rata nilai menjadi 6 8. Dan rata-rata nilai di siklus kedua adalah 7 5. Berdasarkan keefektifan implementasi pendekatan proses genre pada pengajaran writing disarankan pada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan pendekatan process genre khususnya pada pengajaran writing. Kepada guru peneliti di masa mendatang khususnya yang berminat pada penerapan pendekatan proses genre dalam penelitian kelas mereka disarankan agar mereka melaksanakan penelitin tindakan kelas dalam menggunakan pendekatan ini pada pengajaran writing pada genre atau jenis teks yang lain seperti deskriptif naratif atau recount. Lebih lanjut untuk para siswa disarankan mengimplementasikan pendekatan proses genre yang akan membantu mereka untuk mengurangi kesulitan dalam pelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58372

Actions (login required)

View Item View Item