The teaching of listening at MTsN model Darussalam Martapura / Ahmad Muzakkir - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of listening at MTsN model Darussalam Martapura / Ahmad Muzakkir

Muzakkir, Ahmad (2009) The teaching of listening at MTsN model Darussalam Martapura / Ahmad Muzakkir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaparkan cara guru bahasa Inggeris di MTsN Model Darussalam Martapura melaksanakan pengajaran mendengarkan di dalam kelas. Penelitian ini mencakup (1) materi pembelajaran yang digunakan (2) kegiatan yang dilakukan dan (3) cara guru melakukan penilaian di dalam kelas mendengarkan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan desain penelitian kualitatif. Subjek dar penelitian ini adalah tiga guru bahasa Inggeris yang mengajar di kelas satu dua dan tiga. Instrumen utama dari penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk mengumpulkan data lembar pengamatan pedoman wawancara tape perekam dan catatan lapangan juga digunakan. Data dan sumber data adalah apa yang guru lakukan di dalam kelas yang berkenaan dengan masalah penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara catatan lapangan dan perekaman. Hasil peneltian menunjukkan bahwa tiga guru bahasa Inggeris pada MTsN Model Darussalam Martapura menggunakan buku teks yang berbeda sebagai materi pembelajaran. Guru bahasa Inggeris kelas satu menggunakan dua buku teks. Yang pertama berjudul Building Block ditulis oleh Ignatia M.H. dan diterbitkan oleh PT. Citra Aji Parama tahun 2007. Yang kedua adalah DINAMIS ditulis oleh Drs. Agus Taman dan diterbitkan oleh CV. Tri Rama tahun 2006. Selain itu guru ini juga menggunakan bahan pembelajaran yang lain yaitu berupa CD yang berjudul Practical English for Children yang diterbitkan oleh Multi Media Metropolitan. Alasan memilih buku-buku tersebuat adalah karena sudah sesuai dengan kurikulm tahun 2006. Sedangkan guru kelas dua juga menggunakan buku yang sama seperti guru kelas satu. Tetapi dia masih mempunyai referensi yang lain yaitu Let s Talk yang ditulis oleh Bachtiar Bima Mustriana dan Cicik Kurniawati dan diterbitkan oleh Pakar Raya Bandung tahun 2005. Alasan memilih buku-buku tersebut adalah karena sudah cocok dengan kurikulum yang berlaku sekarang. Semantara itu guru kelas tiga dalam mengajarkan mendengarkan mempunyai buku yang lain selain Let s Talk . Buku teks tersebut berjudul The Bridge English Competence yang ditulis oleh Kistono dan Ismukoco dan diterbitkan oleh Yudistira tahun 2007. Alasan memilih buku tersebut adalah karena sudah sesuai dengan kuriulum sekarang. Selain itu guru ini juga menggunakan Kang Guru Radio English Magazine yang diterbitkan oleh IALF (Indonesia Australia Language Foundation) Bali tahun 2006 sebagai materi pembelajaran pelengkap. Berkenaan dengan kegiatan yang dilakukan ketiga guru bahasa Inggeris tersebut melakukan pre-listening activities whilst-listening activities tapi tidak ada post-listening activities. Dalam pre-listening activities guru memberi salam kepada siswa mengecek daftar siswa dan mengenalkan topic yang akan dipelajari. Guru juga mereview pelajaran sebelumnya dan berusaha menghubungkannya dengan pelajaran sekarang. Dalam whilst-listening activities guru menginformasikan kepada siswa tujuan yang akan dicapai kemudian menyajikan materi pelajaran dengan menggunakan CD atau kaset dan juga dengan mendiktekan suatu wacana. Untuk menilai kemajuan belajar siswa guru menerapkan dua cara penilaian. Pertama penilaian oral dimana siswa mendengarkan wacana yang didektikan guru dan mereka harus melengkapi wacana itu dengan jawaban yang benar. Yang kedua adalah penilaian yang dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan listening rekaman seperti CD atau kaset dimana siswa harus menyimak uraian dari materi itu dan mereka harus memutuskan dari pilihan yang ditawarkan pernyataan mana yang benar. Bebarapa saran diajukan kepada guru bahasa. Pertama guru harus tetap menggunakan berbagai jenis materi pembelajaran. Yang kedua guru seharusnya menyertakan post-activities dalam mengajarkan listening. Yang ketiga dalam mendiktekan suatu wacana guru seharusnya memperhatikan kepada suara mereka. Yang keempat dalam memutarkan CD atau kaset guru juga harus memperhatikan volume dari TV atau tape recordernya. Yang kelima guru harus memperhatikan dan memperbaiki ucapan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58364

Actions (login required)

View Item View Item