Peningkatan hasil belajar pembagian bilangan bulat positif melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar / Moh Rifan Hunaifi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pembagian bilangan bulat positif melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar / Moh Rifan Hunaifi

Hunaifi, Moh Rifan (2012) Peningkatan hasil belajar pembagian bilangan bulat positif melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar / Moh Rifan Hunaifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembagian STAD Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar dalam pembelajaran matematika materi pembagian metode maupun strategi yang digunakan kurang tepat. Pembelajaran terasa monoton.Akibatnya sebagian besar siswa merasa bosan dan jenuh pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil belajar pada tahap pratindakan diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa 37 5% (12 siswa). Untuk itu diperlukan alternatif perbaikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika materi pembagian pada siswa Kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika dengan STAD dapat meningkatkan aktivitas guru aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil rekapitulasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 83% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2. Berdasarkan hasil rekapitulasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan siswa 72%. Sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 84%. Hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan siswa 61% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pembagian pada siswa kelas II SDN Karangtengah IV Kota Blitar. Agar lebih efektif dalam menerapkan teknik ini disarankan Sekolah hendaknya senantiasa melakukan inovasi demi berkembangnya kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Selain itu peneliti hendaknya lebih peka terhadap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga mampu menggunakan berbagai model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasinya. Siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran dan mau bekerjasama dalam menyelesaikan masalah.Guru lebih mengembangkan kompetensi dalam menerapkan berbagai model pembelajaran dan senantiasa memberikan motivasi siswa untuk terus berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item